News

Bupati Berikan Beasiswa untuk Mahasiswa Kurang Mampu

TAPTENG, FaseBerita.ID – Di sela-sela kegiatan Perayaan Hari Jadi Pemkab Tapteng ke-74 tahun di Lapangan Sepakbola Pandan, Sabtu (24/8/2019) lalu, Bupati Tapteng menepati janjinya untuk memberikan beasiswa kepada mahasiswa berprestasi dan masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dari keluarga kurang mampu. Beasiswa itu berlaku selama 5 tahun.

Bupati Bakhtiar Ahmad Sibarani didampingi Wakil Bupati Tapteng Darwin Sitompul mengatakan, pemberian beasiswa kepada mahasiswa berprestasi yang secara finansial kurang mampu itu, merupakan wujud dukungannya dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia di bidang pendidikan, dimana putra-putri Tapteng yang berprestasi masuk PTN, namun berasal dari keluarga yang kurang mampu akan dikuliahkan gratis oleh Pemkab Tapteng.

“Mari kita belajar hari ini untuk menjadi yang terbaik. Pemkab Tapteng akan menguliahkan putra-putri Tapteng yang tidak mampu, apabila lulus Perguruan Tinggi Negeri selama 5 tahun, setiap bulan akan menerima Rp2 juta rupiah,” ujar Bakhtiar.

Bakhtiar juga menuturkan, pemberian beasiswa bagi mahasiswa yang berprestasi dan kurang mampu itu bertujuan mematahkan halangan putra-putri Tapteng yang memiliki prestasi namun tidak dapat meneruskan kuliah demi mengasah ilmunya dikarenakan keterbatasan ekonomi keluarga.

“Banyak anak orang kaya tidak mau kuliah, banyak pula anak orang miskin ingin kuliah, di situlah pemerintah harus hadir untuk menguliahkannya,” ucapnya.

Di sela-sela kata sambutannya itu, Bakhtiar juga mengingatkan kiranya para mahasiswa yang mendapatkan beasiswa agar tidak merokok selama menjalani kuliahnya, terlebih terlibat narkoba. “Jangan merokok, kalau ketahuam merokok maka akan distop beasiswanya,” katanya.

Usai menyampaikan kata sambutannya, Bakhtiar langsung memberikan beasiswa kepada mahasiswa dan orang tua mahasiswa yang mewakili anaknya. Dan pada kesempatan itu, Bakhtiar berpesan kepada mahasiswa agar bergiat belajar selama kuliah hingga menjadi kebanggaan orang tuanya dan Pemkab Tapteng yang telah memberikan beasiswa.

Bakhtiar juga menegaskan, bila nantinya mahasiswa penerima beasiswa itu telah meraih gelar S1-nya, dan bila ingin melanjut meraih S2-nya, maka tidak tertutup kemungkinan akan tetap diberikan beasiswa oleh Pemkab Tapteng.

“Bahagiakan orang tuamu ya sayang yah, kalau kami masih Bupati, nanti kalo kalian sudah sarjana, kalau masi berlanjut, tidak tertutup kemungkinan masi tetap kita biayai,” ucap Bakhtiar yang tampak terharu melihat senangnya mahasiswa penerima beasiswa saat itu.

Sementara, para mahasiswa yang baru masuk PTN dan menerima beasiswa dari Pemkab Tapteng itu tampak senang dan terharu, beberapa orang tua yang mewakili anaknya menerima buku tabungan beasiswa itu tampak sampai menetaskan air mata saat mengucapkan terimakasih kepada Bupati Tapteng setelah menerima langsung beasiswa dari Bupati Tapteng untuk anaknya.

“Terimakasih pak Bupati,”ucap salah seorang orang tua mahasiswa sembari menyeka air matanya karena bahagia dan terharu mendapat bantuan untuk kuliah anaknya. (dh)