News

Bumil Warga Labusel Positif: RS Adam Malik Penuh, RS Permata Priska Tolak karena Hamil

FaseBerita.ID – Hasil Rapid-Tes, R (45) warga Aek Batu Utara, Asam Jawa, Kecamatan Torgamba, Kabupaten Labuhanbatu Selatan dinyatakan positif dalam pemeriksaan di RSUD Rantauprapat.

R dinyatakan positif rapid tes oleh RSUD Rantauprapat, Rabu 22 April 2020 pukul 01.00 wib dini hari. Namun sebelumnya R ditangani di Rumah Sakit Nuraini Kota Pinang dan Elpi Al Azis Rantauprapat, Labuhanbatu.

“R sebelumnya berada di RSU Nuraini Kota Pinang untuk persalinan dari Nuraini R di rujuk ke RSU Elpi Al Aziz Rantauprapat. Selanjutnya R dirujuk ke RSUD Rantauprapat Selasa, tanggal 22 April 2020 pukul 10.00 wib,” kata Humas Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19,Kabupaten Labuhanbatu Rajid Yuliawan, Rabu (22/4) pagi.

Disampaikan Rajid, saat R sampai di RSUD Rantauprapat, pihak RSUD curigai gejala R terpapar covid 19, hingga Pihak RSUD Rantauprapat ambil sikap untuk lakukan rapid tes.

Setelah hasil rapid tes R positif, lanjut Rajid, sebelum hubungi Dinkes Labusel untuk fasilitasi R, pihak RSUD sempat hubungi Rumah sakit rujukan di Medan.

“Saat dihubungi oleh RSUD Rantauprapat, Pihak Rumah Sakit Adam Malik tidak bisa menerima karena pasien penuh. Sementara Rumah Sakit Permata Priska Medan tidak bisa terima pasien dikarenakan sedang hamil,” terang Rajid.

“Kemudian, Dinkes Labuhanbatu hubungi Dinkes Labusel agar memfasilitasi R untuk di tindak lanjuti,” sambung Rajid.

Lanjut Rajid, R kini sebagai Pasien Dalam Perawatan (PDP) akan di jemput oleh Dinkes Labusel. Dalam kesempatan itu juga Rajid imbau agar masyarakat tetap tenang dan waspada, laksanakan anjuran pemerintah dalam protokol kesehatan Covid 19.

“Tak bosan bosannya kembali kami sampaikan, agar masyarakat untuk waspada dan tetap tenang, laksanakan anjuran pemerintah. Hindari keluar rumah untuk hal yang tidak penting. Kalau terpaksa, gunakan masker, hindari kerumunan dan jaga jarak juga jaga kebersihan,” tutur Rajid. (zas/rah)