News

Bulan Depan Tes SKB CPNS Digelar

FaseBerita.ID – Jadwal Tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) calon pegawai negeri sipil (CPNS) Formasi Tahun 2019 yang dinanti para peserta akhirnya mulai menunjukkan titik terang. Sebagaimana diketahui, lantaran ada pandemi COVID-19, jadwal SKB CPNS 2019 yang seharusnya dilaksanakan Maret lalu hingga kini masih ditunda. Penundaan SKB CPNS 2019 guna menghindari penularan COVID-19.

Menurut Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana, proses tes tersebut akan dimulai pada akhir Agustus mendatang.

“Jadwal SKB (Seleksi Kompetensi Bidang) rencana dilakukan pada akhir Agustus 2020 hingga awal Oktober, atau setelah ujian seleksi sekolah kedinasan selesai,” ujar Bima dalam rapat kerja bersama Komisi II DPR, Senayan, Jakarta, kemarin.

Meski begitu, Bima memastikan proses seleksi CPNS 2019 ini akan tetap mengedepankan penerapan protokol kesehatan yang ketat. Jadwal itu masih memungkinkan berubah dengan tetap menyesuaikan status kedaruratan virus Corona (COVID-19) di Indonesia.

Selain itu, Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) juga akan berkonsultasi dengan Gugus Tugas COVID-19 pusat dan daerah terkait diadakannya penyelenggaraan SKB tersebut.

“Panselnas akan tetapkan lokasi ujian yang meminimalisir pergerakan peserta, karena potensi pergerakan peserta kemungkinan bisa lintas kabupaten/kota, provinsi, atau bahkan harus ke Jakarta,” katanya.

BKN juga tengah membuat Surat Edaran baru terkait mekanisme lanjutan seleksi CPNS berdasarkan aturan yang dikeluarkan Menteri Kesehatan.

“BKN sedang siapkan Surat Edaran Kepala BKN terkait mekanisme seleksi dengan computer assisted test (CAT) yang kedepankan protokol kesehatan pencegahan penyebaran COVID sesuai keputusan Menkes tentang panduan pencegahan di tempat kerja perkantoran,” tandasnya.

Menurut Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Biro Humas BKN Paryono saat ini pihaknya sedang mengkaji pelaksanaan SKB nanti. Selain itu, BKN juga sedang mengelaborasi model pelaksanaan SKB yang tidak bertentangan dengan protokol kesehatan dan keselamatan saat digelar dalam situasi pandemi ini.

“Ini masih terus koordinasi dengan BNPB dan Kemenkes demi keamanan dan untuk menjaga agar jangan sampai menimbulkan cluster baru saat pelaksanaan SKB,” ungkap Paryono, Sabtu (4/7/2020).

Terkait protokol kesehatan yang akan diterapkan saat SKB CPNS, pihaknya telah menyiapkan 4 skema utama sebagai berikut:

  1. Jarak peserta minimal 1 meter pada saat tes dan dikondisikan sesuai protokol kesehatan.
  2. Untuk menghindari penumpukan, sesi per hari hanya ada 3 sesi.
  3. Peserta dan petugas diwajibkan memakai masker selama tes berlangsung.
  4. Disediakan tempat cuci tangan.

Paryono pun memastikan, SKB CPNS 2019 diupayakan akan segera berlangsung sebab sudah mendapat dukungan dari Komisi II DPR RI.

“Pada intinya SKB akan tetap dilaksanakan dan Komisi II DPR RI juga telah mendukung hal tersebut,” pungkasnya.

Untuk diketahui, seleksi CPNS formasi tahun 2019 seharusnya selesai pada Mei kemarin. Namun, karena pandemi COVID-19, Panselnas memutuskan SKB CPNS ditunda sementara sampai kondisi memungkinkan. Sementara ujian Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) telah dimulai 27 Januari dan berakhir 10 Maret 2020 lalu.

Untuk diketahui, seleksi CPNS formasi tahun 2019 seharusnya selesai pada Mei kemarin. Namun, karena pandemi COVID-19, Panselnas memutuskan SKB CPNS ditunda sementara sampai kondisi memungkinkan. Sementara ujian Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) telah dimulai 27 Januari dan berakhir 10 Maret 2020 lalu. (dtc)