News

Bubur Pedas, Diramu dari 40 Jenis Rempah-rempah

TANJUNGBALAI, FaseBerita.ID – Waktu sahur dan berbuka menjadi momen yang ditunggu-tunggu pada saat Ramadan termasuk di Tanjungbalai.

Selain lantaran dapat berkumpul bersama keluarga, pada momen-momen tersebut kebanyakan orang juga berkesempatan menikmati berbagai makanan khas Ramadan.

Seperti Bubur Pedas khas kota Tanjungbalai. Lezat dan nikmat. Mengonsumsi bubur pedas sudah menjadi kebiasaan masyarakat khususnya saat berbuka puasa.

Saufi Simangunsong, salahseorang pembeli, Senin (6/5) mengatakan, bubur pedas ini merupakan menu buka puasa khas Melayu daerah di Kota Tanjungbalai sebelum berbuka.

“Hidangan ini sudah ada dijual di pinggir Jalan Sudirman sekitarnya. Makanan ini biasanya paling dicari orang saat ramadan. Apalagi bubur ini dijual hanya saat ramadan saja,” kata Saufi.

Baginya, bubur pedas mampu menyegarkan badan setelah berpuasa seharian karena mengandung puluhan macam rempah-rempah yang dijadikan satu, setelah diolah menjadi bubur pedas.

Sri, pedagang takzil bubur pedas mengamini keterangan Saufi. Wanita berhijab ini mengatakan, bubur pedas adalah makanan khas Melayu yang hanya ada di saat tertentu. Seperti bulan Ramadan, Idul Fitri atau acara pernikahan, kenduri, dan khitanan.

Untuk pembuatannya memang tergolong sangat rumit karena meramu 40 jenis rempah ditambah daun-daun yang mengandung banyak khasiat.

“Rempah-rempah dan daun ini kemudian dicampurkan lagi dengan berbagai jenis sayur-sayuran seperti kentang, wortel, ubi, kacang, termasuk juga beras, lalu diaduk menjadi satu,” kata Sri.

Tradisi berbuka puasa dengan bubur pedas ini sudah dilakukan di Tanjungbalai hampir selama 20 tahun. Soal harga masih sangat terjangkau. Satu porsi dijual Rp5 ribu hingga Rp10 ribu, tergantung permintaan si pembeli (Porsi kecil Rp5 ribu dan porsi sedang Rp10 ribu).

“Sepertinya sudah menjadi tradisi yach. Makanya, di bulan ramadan seperti ini, omzet kita setiap harinya bisa mencapai jutaan rupiah,” ungkapnya.

Pantauan wartawan di lokasi, masyarakat yang ingin berbuka puasa dengan bubur pedas bisa singgah di Jalan Sudirman seputaran Kota Tanjungbalai yang letaknya berada di jalur depan Kantor PLN di Kecamatan Tanjungbalai Selatan.

Disini warga selalu singgah kalau ingin berbuka puasa, karena menyediakan bubur pedas dan menu lainnya. (CK-04/des)