News

Buah Kesabaran Marquez

FaseBerita.ID – Marc Marquez memulai MotoGP Spanyol dengan merasa kurang sreg di atas motor. Pebalap Repsol Honda itu harus bersabar sampai motor melaju sesuai keinginannya.

Marquez menjadi pemenang dalam balapan di Sirkuit Jerez, Minggu (5/5) malam. Ia finis di depan Alex Rins dan Maverick Vinales yang naik podium 2-3.

Hasil ini jadi penebusan Marquez setelah kegagalan di Amerika Serikat. Dia membuang peluang juara di Austin setelah terjatuh dalam posisi memimpin.

Di Jerez pun Marquez sebenarnya tak mengawali dengan perasaan nyaman di atas motor. Setelah main aman beberapa putaran, pebalap asal Spanyol ini baru merasakan motor melaju sesuai keinginannya khususnya di tikungan.

“Saya memulai dengan sabar karena di putaran-putaran pertama saya tak merasa tangguh. Jadi saya menunggu,” ungkapnya dikutip Autosport.

“Saya agak melebar sedikit di tikungan-tikungan. Mungkin karena tangki bahan bakar masih penuh, mungkin karena kondisi trek.”

“Tapi ketika bannya mulai menurun cengkeramannya dan saya mulai lebih banyak meluncur di tikungan dan tangki berkurang isinya, saat itulah saya mulai merasa melaju seperti saat latihan. Saya mulai lebih agresif tapi masih dalam kontrol.”

“Saya lihat Fabio (Quartararo) datang, lalu (Alex) Rins. Dan ya, di putaran 15 saya cuma melakukan satu serangan waktu lagi karena saat itu Anda menunjukkan ke lawan-lawan bahwa Anda masih bisa melaju lebih cepat,” imbuh Marquez.

Balapan yang Sangat Mulus
Marc Marquez tanpa kesulitan berarti menjuarai MotoGP Spanyol. Belajar dari crash di MotoGP Amerika Serikat, kali ini Marquez bisa melaju dengan sangat mulus.

Marquez tampil dominan dalam balapan di Sirkuit Jerez, Minggu (5/5) malam. Memimpin sejak selepas start, dia tak terkejar selama 25 putaran dan finis pertama dengan catatan waktu 41 menit 8,685 detik.

Rider Repsol Honda itu mengungguli Alex Rins (Suzuki Ecstar) dan Maverick Vinales (Monster Energy Yamaha) di posisi dua dan tiga. Dengan kemenangan ini, pebalap asal Spanyol itu kembali ke puncak klasemen.

Marquez memimpin dengan 70 poin, unggul satu poin saja dari Rins di urutan kedua. Andrea Dovizioso yang finis keempat di balapan hari ini, ada di posisi tiga kejuaraan dengan 67 poin.

Valentino Rossi menyusul dengan 61 poin di urutan keempat, 20 poin di depan Danilo Petrucci yang menghuni peringkat lima.

Buat Marquez, kemenangan dominan ini tak lepas dari pelajaran berharga di Austin pada seri AS lalu. Kala itu ia gagal finis karena terjatuh saat memimpin.

“Ini terasa lebih sulit secara mentalitas. Mengetahui penyebab kami jatuh di Austin sangat membantu. Saya bisa melaju dengan sangat mulus, menunggangi motor sesuai keinginan saya,” ungkap Marquez.

“Kami sangat kecewa di Austin, tapi sekarang harus menikmati kemenangan ini. Kami memimpin kejuaraan lagi,” imbuhnya dilansir Crash. (dc/int)

iklan usi