News

BPJS Kesehatan Tanjungbalai Sosialisasi Aplikasi Integrated System For Traffic Accidents

FaseBerita.ID – BPJS Kesehatan Cabang Tanjung Balai melaksanakan sosialisasi aplikasi Integrated System For Traffic Accidents (INSIDEN) kepada seluruh rumah sakit provider di wilayah kerja Kantor Cabang Tanjung Balai, Rabu (26/6/2019).

Hal tersebut dilakukan dalam rangka memberikan pelayanan publik terbaik kepada peserta JKN-KIS yang mengalami kecelakaan lalu lintas.

Kegiatan tersebut dilakukan di 18 rumah sakit provider BPJS Kesehatan di wilayah kerja BPJS Kesehatan Cabang Tanjung Balai.

Adapun peserta yang hadir dalam sosialisasi terdiri dari Petugas Pemberian Informasi Dan Penanganan Pengaduan (PIPP) Rumah Sakit, petugas administrasi atau pendaftaran, petugas Instalasi Gawat Darurat (IGD) dan bagian atau bidang pelayanan baik direktur, wakil direktur, kepala bidang maupun staf yang mewakili.

Desi Ariyani Nasution, seorang peserta sosialisasi yang merupakan Petugas Pemberian Informasi dan Penanganan Pengaduan Rumah Sakit Umum Daerah Tengku Mansyur Kota Tanjungbalai mengapresiasi kegiatan sosialisasi tersebut.

“INSIDEN pada dasarnya sudah kita laksanakan sejak Maret 2018 lalu. INSIDEN ini bagus dalam mempermudah proses penjaminan karenakorban atau keluarganya tidak perlu lagi datang ke Kantor Cabang BPJS Kesehatan atau Kantor Cabang Jasa Raharja untuk mengurus administrasi penjaminan. Rumah sakit tinggal mengirimkan informasi korban kecelakaan lalu lintas  secara elektronik untuk dikunjungi oleh petugas PT Jasa Raharja. Sosialisasi ini mengingatkan kami kembali untuk selalu taat prosedur dan sebisa mungkin menginformasikan tentang KKL ini kepada masyarakat,” tuturnya setelah kegiatan.

Sementara Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Rujukan BPJS Kesehatan Cabang Tanjung Balai Dessy Prassinta mengungkapkan bahwa sosialisasi tersebut digencarkan dengan tujuan mengingatkan kembali dan mengecek pelaksanaan yang dijalankan guna meningkatkan pelayanan.

“INSIDEN merupakan sinergi aplikasi antara BPJS Kesehatan dan PT Jasa Raharja (Persero) yang dibangun secara web based sehingga mudah diakses oleh FKRTL yang memiliki koneksi jaringan internet. Sosialisasi ini dilakukan untuk menyegarkan pemahaman parapeserta sekaligus supervisi yang telah dilaksanakan. Kendala-kendala apa yang dihadapi dan solusi alternatif yang dapat dijalankan terkait aplikasi. Hal ini juga kita optimalkan terkait penilaian lomba inovasi layanan publik terbaik,” ungkapnya dihubungi secara terpisah.

Dessy juga berharap untuk laporan kepolisian sebagai syarat penjaminan nantinya juga bisa secara online sebagai bentuk percepatan birokrasi untuk menjamin para korban kecelakaan lalu lintas.

Selain sosialisasi langsung ke rumah sakit, bentuk sosialisasi tidak langsung dengan pemasangan banner tentang prosedur INSIDEN di setiap rumah sakit provider se-wilayah kerja Kantor Cabang Tanjung Balai. (rel)