News

Bobol Rumah di Pasar Baru Warga Humbahas Digelandang Polisi

FaseBerita.ID – Seorang pria digelandang polisi dari Jalan SM Raja Gang Nuri, Sibolga, Sabtu (6/6) lalu sekira pukul 14.00 WIB.

Diketahui, pria tersebut berinisial PM (39) warga Desa Hutajulu, Kecamatan Onan Ganjang, Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), yang tinggal di Gang Nuri.

PM merupakan tersangka pencurian di rumah Andi Saputra (28) di jalan Djunjungan Lubis, Kelurahan Pasar Baru, Kecamatan Sibolga Kota, Senin (1/6) lalu.

Adapun barang yang dicuri berupa 1 unit speaker bluetooth, sebuah handphone dan uang sebesar Rp1.000.000.

“Sebelum tidur, Andi meletakkan speaker bluetooth nya disamping kursi depan dan uang Rp1 juta dalam dashboard mobilnya. Kemudian, 1 unit HP merk Oppo A3S di bawah bantal. Sekira pukul 03.15 WIB, dia terbangun untuk buang air kecil dan melihat HP, speaker dan uang di dalam mobil tidak ada lagi,” kata Kapolres Sibolga AKBP Triyadi melalui Kasubbag Humas Iptu Ramadhansyah Sormin dalam keterangan persnya, Selasa (9/6).

Sementara, dari pengakuan PM, diketahui aksi tersebut dilakukan seorang diri. “Senin (1/6) sekira pukul 12.00 WIB, tersangka keluar dari rumah dengan naik becak ke arah eks bioskop Tagor untuk meminjam uang pada temannya.

Karena tidak ketemu, ia akhirnya kembali ke rumahnya. Keesokan harinya, sekira pukul 02.00 WIB, tersangka berjalan di sekitar Jalan Djunjungan Lubis. Dekat salah satu penginapan, ia melihat sebuah rumah bertingkat dengan pintu teralis yang dilapisi rang-rang. Sehingga timbul niatnya untuk mencuri,” terang Sormin sesuai pengakuan PM.

Kemudian, PM naik ke lantai 3 dan melihat sebuah gunting terletak dekat pintu. Diapun menggunakan gunting tersebut untuk merusak rang-rang pintu rumah tersebut. PM lalu memasukkan tangannya dan membuka pintu dari dalam.

Awalnya, PM tidak menemukan benda berharga di lantai 3. Diapun naik ke lantai 4 dan melihat sebuah kamar yang pintunya tidak tertutup.

Meski melihat ada orang yang sedang tidur, PM tidak gentar. Dia pun masuk dan mengambil HP yang sedang dicas. Setelah itu, dia turun ke lantai 1 dan melihat ada mobil yang parkir. Lantas pelaku membuka pintu mobil dan mengambil sebuah speaker dan uang Rp1.000.000.

“Tersangka keluar melalui pintu garasi yang kuncinya tergantung. Kemudian, dia pulang naik becak dengan membawa barang curiannya,” ungkapnya.

HP dan Speaker belum dijual pelaku. Sedangkan uang sudah habis digunakan untuk biaya hidupnya.

Dari catatan Kepolisian, PM sebelumnya pernah dihukum pada tahun 2018 dalam kasus yang sama di Lapas Tukka selama 3 tahun 4 bulan. Dia dibebaskan setelah mendapat asimilasi dari pemerintah.

Usai menjalani pemeriksaan, ayah 2 anak tersebut ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan di RTP Polres Sibolga.

Karena telah melakukan tindak pidana pencurian sebagaimana dimaksud dalam pasal 363 ayat (1) ke 3e, 5e dari KUHPidana, tersangka diancam hukuman diatas 5 tahun. (ts)