News

BNPB Pusatkan Bimtek Bagi Aparatur Penanganan Darurat di Tapteng

TAPTENG, FaseBerita.ID – Direktorat Tanggap Darurat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Penanganan Darurat untuk Aparatur Penanggulangan Bencana di Hotel PIA Pandan selama 5 hari sejak 2 Juli hingga 6 Juli 2019.

Kasubdit Perencanaan Darurat BNPB Edy Suryawan Purba selaku Koordinator kegiatan di Hotel PIA itu mengatakan, Bimtek tersebut diikuti oleh 52 orang peserta terdiri atas 4 orang dari BPBD Provinsi Sumatera Utara (Provsu) dan 48 orang dari 12 OPD BPBD Kabupaten/Kota di Provsu.

“Kegiatan Bimtek Operasional Penanganan Darurat ini kita laksanakan 4 hari sejak 2 hingga 6 Juli 2019. Metode yang digunakan pada Bimtek ini adalah pemaparan dari narasumber, tanya jawab, simulasi dan pemaparan hasil simulasi penyusunan dokumen rencana operasional,” ujar Edy, Kamis (4/7/2019).

Dengan peningkatan kapasitas aparatur dalam penyelenggaraan bencana pada masa darurat bencana, lanjut Edy, maka diharapkan dapat meminimalisir dampak lebih lanjut.

“Melalui Bimtek ini, harapan kita ke depan terwujudnya peningkatan kapasitas aparatur penanggulangan bencana di bidang penyusunan rencana operasi penanganan darurat dengan materi manajemen penanganan darurat, sistem komando penanganan darurat bencana, mekanisme penanganan dana siap pakai, karakteristik bencana di wilayah sumatera utara, pedoman penyusunan rencana operasi, dan simulasi penyusunan rencana operasi,” katanya.

Sementara itu, Plt Kepala BPBD Tapteng Safaruddin Ananda Nasution, mengucapkan terima kasih kepada BNPB atas pelaksanaan Bimtek di Tapteng.

“Kita mengapresiasi dan berterima kasih kepada BNPB atas pemilihan Kabupaten Tapanuli Tengah sebagai tempat pelaksanaan Bimtek ini. Daerah Tapteng juga memiliki berbagai potensi kebencanaan alam sehingga aparatur Pemkab Tapanuli Tengah yang mendapat kesempatan mengikuti Bimtek ini akan meningkat kompetensinya dan dapat berkontribusi semakin baik lagi dalam mendukung tupoksinya selaku aparatur penanggulangan bencana di BPBD Kabupaten Tapanuli Tengah,” ucapnya.

Selain Edy, Kasubdit Pengendalian Operasi BNPB Lukmanul Hakim, dan narasumber dari Dinas ESDM Provsu Janpianta Bangun juga hadir sebagai narasumber pada Bimtek tersebut. (dh)