News

BNNK Simalungun Canangkan Dua Desa Bersih Narkoba

FaseBerita.ID -Badan Narkotika Nasinoal (BNN) Kabupaten Simalungun mencanangkan Nagori Purbasari dan Kelurahan Sinaksak, Kecamatan Tapian Dolok sebagai desa Bersih Narkoba (Bersinar), Selasa (15/12) sekira pukul 10.00 WIB, di Aula Don Peterson Sekolah Alkitab Purbasari, Km 10 lintas Pematangsiantar- Medan, Nagori Purbasari, Kecamatan Tapian Dolok.

Kegiatan yang dirangkai dengan ikrar dan penandatanganan komitmen anti narkoba, pemakaian rompi dan penyematan pin, piagam relawan, nonton bareng serta peninjauan posko anti narkoba.

Dihadapan para para peserta dan undangan, Kepala BNNK Simalungun Komisaris Polisi Suhana Sinaga mengatakan, pencanangan tersebut sebagai upaya menurunkan angka prevalensi penyalahgunaan narkoba di Simalungun.

Pihaknya juga nantinya melakukan program pemberdayaan kepada masyarakat, sehingga ke depan, dua desa tersebut terlepas dari jerat narkoba dan keterpurukan ekonomi.

Diinformasikan bahwa pada tahun 2021, BNNK Simalungun mencanangkan Desa Parik Sabungan, Kecamatan Siborongborong, Kabupaten Tapanuli Utara menjadi Desa Bersinar.

Bupati Simalungun JR Saragih diwakili Sekretaris Daerah Mixnon Andreas Simamora menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan yang digagas oleh BNN Kabupaten Simalungun.Diharapkan, dengan sinergitas Pemkab, unsur Forkopimda dan Karang Taruna, wilayah Simalungun terdiri dari 413 desa/kelurahan bersih dari narkoba.

Terpisah saat mengunjungi dan memotong pita posko relawan anti narkoba, Sekda Kabupaten Simalungun itu menghimbau kepada seluruh pangulu dan lurah sekabupaten Simalungun agar kembali mengaktifkan organisasi sosial Karang Taruna di Nagori dan Kelurahan dengan harapan agar pemuda yang ada di Nagori dan Kelurahan dapat bergabung dalam wadah tesebut untuk mendukung upaya pemerintah dalam pemberantasan peredaran gelap narkoba.

Kegiatan dihadiri Koordinator P2M BNN Provinsi Sumut Soritua Sihombing, perwakilan Forkopimda, pejabat Pemkab Simalungun, Unsur pimpinan Lapas Pematangsiantar, Siborongborong,Tarutung, akademisi, perangkat kecamatan dan desa, Sekretaris Karang Taruna Kabupaten Simalungun, Ketua Satgas Karang Taruna Anti Narkoba, dan para Warga Karang Taruna Kelurahan Sinaksak dan Nagori Purbasari.(adi/fi)

USI