News

BKD Asahan Susun Pengajuan Formasi Penerimaan CPNS 2019

KISARAN, FaseBerita.ID – Pemerintah Kabupaten Asahan mengaku masih membutuhkan seribuan CPNS untuk mengisi kekosongan beberapa formasi dari sekitar 2 ribu jumlah PNS yang ada di Asahan.

Kepala Bidang (Kabid) Pengadaan dan Pemberhentian Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Asahan Ardiansyah Pane mengatakan, idealnya saat ini Asahan masih membutuhkan CPNS.

“Kalau hitungan dari aplikasi Menpan RB, kami (Pemkab Asahan) masih kurang seribuan. Umumnya tenaga kesehatan, guru dan teknis,” kata Ardiansyah Pane di ruang kerjanya kepada wartawan, Senin (24/6/2019).

Saat ini jumlah ASN terbesar berada di tenaga pengajar dan kesehatan. Pada penerimaan CPNS tahun lalu, kebanyakan dari formasi guru.

Meskipun Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah mengumumkan informasi rekrutmen CPNS untuk tahun 2019. Sebanyak 254.173 lowongan tersedia, dan 207.748 lowongan diantaranya diperuntukkan untuk pemerintah daerah se-Indonesia.

Besar kemungkinan, kebutuhan pegawai di lingkungan Pemerintah Kabupaten Asahan itu tidak bisa langsung dipenuhi pada tahun ini. Hal ini berkaitan dengan kesanggupan keuangan daerah dalam membiayai gaji para pegawai dan CPNS.

“Usulan dari kami masih digodok, masih diproses, masih dihitung kebutuhannya berapa. Karena kan tergantung juga kesanggupan anggaran Pemkab mengeluarkan gaji nantinya,” sebutnya.

Sementara bila telah ditetapkan, maka jumlah formasi CPNS yang dibutuhkan Pemerintah Kabupaten Asahan akan diumumkan ke publik. “Apalagi untuk dapat mengikuti ujian CPNS, pendaftarannya harus melalui portal online yaitu sccn.bkn.go.id,” tutupnya. (per)