News

Bibit Jangkrik untuk Kelurahan Bah Sorma Belum Datang, Camat Bilang Sudah Disalurkan

SIANTAR, FaseBerita.ID – Sudah 5 bulan pelatihan pembudidayaan jangkrik di Kelurahan Bahsorma Kecamatan Sitalasari Kota Pematangsiantar, namun beberapa masyarakat yang mengikuti pelatihan tersebut belum mendapatkan bantuan bibit yang membuat masyarakat bertanya-tanya dan mengeluh.

Salah seorang masyarakat Bahsorma peserta pelatihan menceritakan kalau mereka melakukan pelatihan pada tanggal 10 Desember 2019 dan sampai saat ini mereka belum juga mendapatkan bibit jangkrik.

“Saya sendiri belum mendapatkan nya bang. Yang datang kepada kami hanyalah kandang nya saja,” ujarnya, Sabtu (2/5/2020).

Dia juga menegaskan kalau sebagian sudah dapat dan malah sudah ada yang panen. Inilah yang menjadi pertanyaan masyarakat yang belum mendapatkan nya. Dan akan membuat surat pertanyaan langsung ke kelurahan.

“Kami dari Kelurahan Bah Sorma ingin menanyakan apakah dana pokmas yang untuk bantuan budidaya jangkrik belum tersalur semua. Sementara kami warga Bah Sorma yang mengikuti pelatihan belum juga mendapatkan bibitnya. Dan hanya kotaknya saja yang sampai kepada kami,” ujar masyarakat dalam tulisan tersebut yang juga menyinggung, kalau bantuan ayam belum juga di salurkan.

Terpisah Ketua Pokmas Bahsorma Ninis saat di konfirmasi media ini terkait alasan kenapa bibit nya belum tersalurkan ke masyarakat. Ninis mengatakan kalau sebagian masyarakat yang belum mendapatkannya karena bibit nya belum juga datang.

“Kita bukannya menahan atau tidak membagikannya. Akan tetapi memang bibitnya yang belum datang dari kelurahan. Karena tahapannya dari kelurahan baru ke pokmas dan kami yang mengalirkannya ke masyarakat,” ujarnya.

Masih dengan Ninis mengatakan kalau masyarakat itu hanya sebagian yang belum dapat dan sebagainya malah sudah ada yang panen.

“Seperti di block 3, 9 dan di beberapa tempat di kelurahan Bah Sorma belum dapat karena bibitnya belum datang. Kita juga sudah sampaikan kepada masyarakat yang belum mendapatkan nya agar bersabar,” ujarnya sembari mengatakan akan berkoordinasi lagi dengan kelurahan kapan datang bibitnya.

Sementara Camat Siantar Sitalasari saat di konfirmasi mengatakan kalau soal bibit jangkrik sudah disalurkan semua ke masyarakat. Dan dia menyarankan media ini menanyakan langsung ke ketua pokmas.

“Semuanya sudah kita salurkan kepada masyarakat yang mengikuti pelatihan itu dan sudah ada yang panen. Tapi untuk lebih jelasnya cobalah tanyakan langsung ke ketua pokmasnya bang,” ujarnya singkat. (Mag 04)