News

Besuk Tahanan Kini Via Online: Wajib Daftar Terlebih Dahulu

FaseBerita.ID – Penyebaran Covid-19 atau virus corona saat ini hampir di seluruh daerah di Indonesia, Kapolri Jendral Polisi Drs Idham Aziz MSi telah mengeluarkan maklumat agar kegiatan yang menyebabkan berkumpulnya massa dalam jumlah banyak baik di lingkungan umum dan lingkungan sendiri dihindari.

Untuk menghindari penyebaran virus corona dan malaksanakan maklumat Kapolri itu, Polres Simalungun mengeluarkan sejumlah kebijakan, seperti besuk tahanan di lingkungan Bhayangkara di “tano habonaron do bona” itu.

Kapolres Simalungun AKBP Heribertus Ompusunggu, SIK, M,Si melalui Kasat Tahti  Iptu M Nasib menjelaskan, saat ini tahanan di Rutan (Rumah Tahanan) Polres Simalungun sebanyak 46 orang. “Sebanyak 45 laki-laki dewasa dan 1 anak-anak. Untuk kasus narkoba 25 orang dan 21 orang lainnya kasus kriminal umum,” terangnya, Sabtu (18/4).

Masih kata Iptu M Nasib, Polres Simalungun tetap memberikan kesempatan bagi para tahanan untuk tetap bisa berkomunikasi dengan keluarganya di tengah pandemi corona ini. Besuk online dengan tehknologi video call itu tetap dilakukan sesuai Standart Operasional Prosedur (SOP) jam besuk.

“Sesuai SOP pada hari Selasa dan Kamis serta jam besuk pukul 10.00 wib s/d pkl 14.30 wib. Keluarga terlebih dahulu mendaftar kepada petugas untuk mempersiapkan jadwal besuk online,” ujarnya.

“Selanjutnya akan diberitahukan kepada pihak keluarga saat besuk akan dimulai. Saat besuk tahanan pihak keluarga tetap berada di rumah,” jelasnya.

Sementara itu, Polres Simalungun tetap melakukan pengukuran suhu tubuh kepada para tahanan mengunakan alat termometer tembak. Pihaknya juga membagikan APD (Alat Pelindung Diri) berupa masker, serta penyemprotan cairan Disinfektan ke tiap ruang sel Rutan.

Pembesuk Wajib Mendaftar

Kebijakan serupa juga diberlakukan terhadap tahanan di Polres Siantar. Hal itu dibenarkan Kabag Humas Iptu Rusdi Ahya, Sabtu (18/04).

“Untuk menghindari penyebaran virus corona dan malaksanakan maklumat Kapolri, Polres Siantar mengeluarkan sejumlah kebijakan, seperti membesuk tahanan secara langsung mulai ditiadakan guna memutuskan rantai peredaran Covid-19,” ujar Iptu Rusdi.

Saat ini tahanan di Rutan (Rumah Tahanan) Polres Siantar sudah mencapai sekitar 40 lebih dari berbagai kasus. Diantaranya terdiri dari laki-laki dan perempuan.

Namun, kata Rusdi, untuk mengobati rasa rindu kepada keluarga, Polres Siantar tetap memberikan kesempatan bagi para tahanan untuk tetap bisa berkomunikasi dengan keluarganya di tengah pandemi corona ini.

Namun besuk kali ini bukanlah seperti biasanya (tatap muka). Melainkan besuk online dengan tehknologi video call tetap dilakukan sesuai Standart Operasional Prosedur (SOP) jam besuk.

“Sesuai SOP pada hari Selasa dan Kamis. Sementara jam besuk jam 10.00 sampai jam 14.30 wib. Keluarga terlebih dahulu mendaftar kepada petugas untuk mempersiapkan jadwal besuk online,” ujarnya.

“Selanjutnya akan diberitahukan kepada pihak keluarga saat besuk akan dimulai. Saat besuk tahanan pihak keluarga tetap berada di rumah,” jelasnya. (rel/adi/Mag-03)

USI