News

Bersama Masyarakat, Tentara Bahu-membahu Kebut Pembangunan Jalan di TMMD

PALAS, FaseBerita.ID – Masyarakat Desa Hutaraja Lamo dan Desa Mondang Kecamatan Sosa, Kabupaten Padang Lawas (Palas) terus mendukung penuh berbagai kegiatan fisik maupun non fisik dalam Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Kodim 0212/TS TA 2019. Mereka berbaur, bahu-membahu dengan prajurit Satgas TMMD.

Seperti pada Senin (15/7/2019) ini, masyarakat setempat urun bersama prajurit TNI yang masih terus mengerjakan pengecoran badan jalan yang merupakan salah satu pekerjaan fisik di TMMD ke-105 ini. Masyarakat begitu antusias dan bergembira turut sibuk membantu prajurit TNI, meskipun terik begitu menyengat sepanjang siang di hari ini.

“Kita dari masyarakat kedua desa, terus mendukung penuh pekerjaan Prajurit Satgas TMMD ke 105 ini, kami dari masyarakat terus berbaur dengan Bapak TNI untuk menyelesaikan pekerjaan fisik,” demikian Kepala Desa Hutaraja Lamo, Ali Atas Hasibuan di sela-sela kesibukannya mengaduk semen, saat ikut membantu pekerjaan rabat beton di desa tersebut.

Ali Atas menuturkan, bila masyarakat dari dua desa yakni, Hutaraja Lamo dan desa Mondang secara bergiliran membantu Prajurit Satgas TMMD ke 105 menyelesaikan pekerjaan fisik, hal ini mereka lakukan sebagai bentuk dukungan terhadap program TMMD tersebut.

“Setiap hari kita mengirimkan masyarakat secara bergiliran untuk membantu, selain itu setiap hari saya juga terus mengontrol logistik yang diperlukan seperti jajanan cemilan dan air minum ke lokasi pekerjaan,” ujar kepala desa tersebut.

Di desa kami ini, sesuai rencananya, selain pelebaran jalan juga dilaksanakan pembangunan rabat beton sepanjang 500 meter dengan lebar lima meter.

Bangunan fisik berupa jalan ini sesungguhnya telah lama didambakan masyarakat, demi peningkatan perekonomian masyarakat yang umum berpenghasilan dari hasil tani.

Selaku pimpinan desa, kata Ali Atas, dirinya sangat merasa mendapatkan kehormatan bisa bergabung dengan TNI dalam membangun akses vital perkebunan serta ekonomi.

“Ini adalah akses vital transportasi masyarakat yang nantinya untuk mendongkrak perekonomian yang pangkalnya kesejahteraan masyarakat,“ ungkapnya.

Dandim 0212/TS, Letkol Inf Akbar NY sebelumnya menegaskan, salahsatu pembangunan fisik berupa pelebaran jalan dan rabat beton dengan panjang lima kilometer dan lebar lima meter sebagai penghubung desa Hutaraja Lamo dan Mondang. Dan semua harus tuntas sampai pada tanggal 8 Agustus nanti, pada penutupan TMMD ke-105 ini. (san)

USI