News

Berbelanja Sambil Sedekah di Pasar Disabilitas Simalungun

SIMALUNGUN, FaseBerita.ID– Perdana dan masih satu-satunya di Kabupaten Simalungun tepatnya di Kecamatan Hutabayuraja, dibuka pekan mingguan disabilitas, Minggu (28/3).

Ketua Relawan penyandang disabilitas Suhendra SE, didampingi sekretaris Suhendri SKep Ners, bendahara Nurul Ummah SSos, Anggota Lisa Pitriani, Nuranika Sari SE, dan Nofiansyah menjelaskan, ide pekan mingguan disabilitas dikarenakan melihat kondisi ekonomi dan pekerjaan penyandang disabilitas mayoritas masih serabutan maka diadakan FGD (Focus Group Discussion) antara relawan dengan penyandang disabilitas terdiri dari 9 orang pria dan perempuan 6 orang yang berasal dari Nagori Maligas Bayu, Mancuk dan Manrayap Bayu.

Hasil FGD memutuskan, dibangunlah sebuah pasar/pekan mingguan yang menggunakan fasilitas negara berubah Eks Koperasi Unit Desa (KUD) Nagori Maligas Bayu.

Pekan digelar dengan motto ‘Berbelanja Sambil Bersedekah’. Jadi dengan membelanjakan uangnya pada pasar/pekan mingguan ini, masyarakat sudah ikut berbagi kepada penyandang disabilitas.

Pasar mingguan ini melibatkan peran serta masyarakat yang memiliki usaha/dagang untuk menyediakan bahan/barang yang akan diperjual belikan di pasar tersebut seperti, makanan tradisional lontong getuk, cenil, dan bibit cabe, sayur-sayuran, ikan, beras serta kebutuhan bahan pokok lainnya. Dengan sistem bagi hasil antara penyedia barang dan penyandang disabilitas.

Selain pekan mingguan disabilitas, relawan juga melakasanakan pemeriksaan kesehatan bagi penyandang disabilitas, sosialisasi Covid-19, pembinaan spiritual. Kegiatan tersebut dijadwalkan dilaksanakan 1 kali dalam 1 bulan.
“Hendaknya Pemkab Simalungun, dan PTPN IV Dolok Sinumba yang berada di sekitar lokasi pekan disabilitas bisa memberikan perhatian dan bimbingan untuk membantu kelanjutan pekan mingguan disabilitas,” kata Hendra.(ist/fabe)

USI