News

Beragam Adat Merupakan Keindahan Bhinneka Tunggal Ika

TAPUT, FaseBerita.ID – Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan didampingi Kadis Pemerintahan Desa Donny Ray Simamora menghadiri acara Pra Parriaan Bolon Lembaga Adat Dalihan Natolu (LADN) Kabupaten Tapanuli Utara, di Sopo Partukkoan Tarutung, Jumat (5/4).

Ketua LADN Taput Maslan Sinaga menyampaikan bahwa acara ini merupakan acara sebelum dilaksanakan Parriaan Bolon dengan peserta utusan dari seluruh desa se-Kabupaten Tapanuli Utara.

“Beragam versi adat di masing masing luat (daerah), itu adalah keindahan kebhinneka tunggal ika yang perlu dipelihara, tetapi ada hal hal yang perlu dibicarakan dan didiskusikan dalam acara ini mengenai penyederhanaan tanpa mengurangi makna sebenarnya sehingga tidak terlalu memberatkan bagi namarulaon (yang punya acara). Ini harus menjadi kesepakatan dan kebutuhan kita bersama,” ujar Maslan Sinaga.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati menyampaikan bahwa adat itu untuk mengikat kebersamaan dan kekeluargaan dan diharapkan tidak membebani terlalu berat bagi masyarakat.

iklan usi

1 2Laman berikutnya