News

Bendera Koyak dan Lusuh di Kantor Lurah Bane Siantar Disoroti Warga

FaseBerita.ID – Di Kantor Lurah Bane, Kecamatan Siantar Utara, Kota Pematangsiantar, berkibar bendera merah putih robek dan kusam, Rabu (25/6).

Hal ini menjadi perhatian dan tontonan tak sedap saat warga mengurus administrasi ke kantor lurah tersebut.

Pengibaran bendera merah putih yang sudah kusam dan robek di kantor Lurah Bane, Kecamatan Siantar, Kota Pematangsiantar menuai kecaman.

Salah satunya berasal dari aktivis Gerakan Pemuda Siantar Simalungun (GEPSIS) Hamson Saragih.

Menurut Hamson, seluruh aparatur yang lalu lalang di Kantor Lurah Bane harusnya memiliki rasa malu. Pihaknya menyesalkan tindakan Lurah Bane Sahat Saragih yang lalai atau terkesan tidak perduli dengan lambang dan simbol negara.

“Ini persoalan sepele yang tidak boleh disepelekan dan ini bisa pidana,” jelasnya.

Berdasarkan UU RI Nomor 24 Tahun 2009 tentang bendera, bahasa, dan lambang negara, serta lagu kebangsaan, setiap warga Negara Indonesia wajib memasang bendera dalam kondisi baik, tidak lusuh, robek, dan luntur. Disitu juga dijelaskan, jika masyarakat ada yang kedapatan memasang bendera yang tidak layak untuk dikibarkan, maka terancam pidana dan denda sebesar Rp 100 juta.

Hamson menuturkan, aturan mengibarkan merah putih sudah jelas. Dari ukuran bendera, tinggi tiang bendera, hingga kapan bendera dinaikkan setengah tiang.

“Ini kelalaian. Apalagi ini lembaga Negara dan aparatur negera, ini terlalu. Idealnya kantor pemerintahan harus sesuai protap. Dari ukuran, warnanya, hingga jam naik turunnya harus diketahui,” jelasnya

Lurah Bane Sahat Saragih mengatakan, pemasangan bendera koyak dan lusuh itu bukan unsur kesengajaan. “Ini akan langsung kita ganti pak. Bukan unsur sengaja,” jelasnya.

Saat ditanya apakah pengibaran bendera koyak itu dikarenakan ketiadaan anggaran, Sahat mengatakan pihak kelurahan akan patungan membelinya.

“Sudah ada dananya, kami akan patungan membelinya,” ungkapnya.

Camat Siantar Utara Hamzah ketika dikonfirmasi mengatakan, pihaknya akan mencek informasi tersebut. “Terimakasih infonya y bang, saya baru ini dapat info. Untuk hal ini akan kita ingatkan kepada Lurah Bane,” ungkapnya singkat. (rah/fi)