News

Benda Diduga Barang Zaman Purba di Parit Bekoan

FaseBerita.ID – Puluhan keping besi menyerupai cangkul diduga mirip dengan barang pra sejarah / zaman purba, ditemukan warga di Dusun V Desa Sei Silau Timur, Kecamatan Buntu Pane, Kabupaten Asahan.

Penemuan benda tak biasa itu kemudian dilaporkan ke Polsek Prapat Janji dan camat setempat, Kamis, (23/7) siang. Kapolsek Prapat Janji Iptu JT Siregar membenarkan laporan warga terhadap penemuan benda di salah satu parit bekoan tersebut. Saat diketemukan terdapat sekitar 80 kepung besi tersusun rapi di dalam tanah.

“Menurut pengakuan warga benda ini lebih mirip kepada besi tua berbentuk cangkul. Ditemukan pertama kali pada hari Rabu sore kemarin,” jelas Kapolsek.

Warga heboh, awalnya mengira benda-benda tersebut merupakan benda prasejarah, karena ditanam dengan posisi tersusun rapi. Namun, setelah diteliti lebih jauh, benda-benda bermaterial terbuat dari besi itu merupakan alat yang biasa dipakai di bidang pertanian atau pun perkebunan, namun dalam kondisi sudah rusak dan berkarat.

Diduga dahulunya merupakan aset milik perkebunan, mengingat lokasi penemuan merupakan lahan yang kini dikuasai oleh PTPN III.

“Benda yang ditemukan ini sebanyak 80 keping besi cangkul,” sebutnya.

Dijelaskan JT Siregar, temuan itu berawal ketika sejumlah anak-anak yang tengah bermain di parit bekoan, penasaran dengan keberadaan ujung besi yang menjorok hingga ke luar tanah.

Hal itu kemudian disampaikan kepada warga setempat, Poniman (50) dan kemudian berinisiatif melakukan pengorekan terhadap tanah di sekitar lokasi, yang akhirnya ditemukan puluhan kepingan besi.

“80 keping besi cangkul yang telah berkarat telah diamakan ke Polsek Prapat Janji. Kemudian,  lokasi tempat ditemukan benda-benda itu sudah kami pasangi police line,” sebutnya.

Selanjutnya pihak kepolisian kini masih berkoordinasi dengan PTPN III Kebun Sei Silau dan Kecamatan Buntu Pane untuk melakukan pengecekan lebih lanjut di sekitar lokasi maupun terhadap benda-benda tersebut. (per/rah)