News

Belum Terungkap, Asal dan Tujuan 4,5 Bal Ganja di Lapas Siantar Dipertanyakan

SIMALUNGUN, FaseBerita.ID-Sudah hampir dua bulan berlalu, penemuan 4,5 bal narkotika jenis ganja di lingkungan Lembaga Permasyarakatan Kelas II A Kota Pematang Siantar yang beralamat di  Kecamatan Siantar, Kabupaten Simalungun.

Namun sangat disayangkan keberadaan narkotika jenis ganja belum ditemukan pemiliknya.

Menanggapi kondisi ini, Ubahman Sinaga SH Mhum, selaku Dosen Fakultas Hukum Universitas Simalungun, mengatakan, penemuan ganja di komplek lapas terbilang lucu.

Menurut Ubahman Sinaga keberadaan 4,5 bal narkotika jenis golongan 1 yang ditemukan di Lapas Siantar sangat lah lucu, dimana barang haram tersebut tak mungkin tidak ada pemiliknya.

“Itu sangat lah lucu, masa ia ganja sebanyak itu tak ada pemiliknya. Kalau memang di hutan posisi mungkin bisa masuk akal, kan ini di lapas,”katanya, Senin (15/6/2020).

Untuk itu, Ubahman Sinaga berharap pihak kepolisian khusus Satuan Narkotika Polres Simalungun agar lebih serius untuk menyelidiki keberadaan asal dan tujuan narkotika tersebut.

“Maunya Kapolres Simalungun tempatkan beberapa personil nya untuk melakukan penjagaan di sana agar tidak ditemukan hal-hal mencurigakan seperti ini lagi,” tutupnya.

Humas Lapas Kelas IIA kota Pematang Siantar Hiras Silalahi saat dikonfirmasi melalui pesan whatsapp beberapa hari lalu menyebutkan pemilik dari 4,5 bal narkotika jenis ganja itu belum ditemukan, hanya saja petugas yang melaporkan sudah diperiksa penyidik.

“Belum namun petugas yang melaporkan sudah diperiksa penyidik,” kata Hiras Silalahi singkat.

“Dugaan [si pelempar] jalan kaki menuju tembok luar lapas. Ciri-ciri dia masih kita selidiki dengan pihak kepolisian nantinya,” tegasnya.

Selanjutnya, pihak Lapas menyerahkan 4,5 bal ganja tak bertuan itu pada Satuan Reserse Narkoba (Sat Resnarkoba) Polres Simalungun. (Mag-03/fi)

iklan usi