News

Belasan Ruko Terbakar di Kotapinang, Kerugian Ditaksir Ratusan Juta Rupiah

FaseBerita.ID – Belasan Rumah Toko (Ruko) yang berada di Jalan Jendral Sudirman Kota Pinang, Labuhanbatu Selatan, terbakar, Minggu, (7/3/2021) Sekira Pukul 19.00 WIB. Belum diketahui penyebab terjadinya kebakaran tersebut. Hingga kini, 4 Mobil Pemadam kebakaran masih di lokasi untuk memadamkan api.

Informasi dihimpun, Ruko yang terbakar diantaranya, Toko Doyans Bakery, Expo Ponsel, Toko Musika, Toko Pakaian Faiza, Toko Sepatu Star, Toko Kain MJ, Toko Suahana, Toko Harahapan Jaya, dan Toko Besi Laris.

Informasi yang dihimpun dari warga sekitar, Api pertama kali diketahui oleh pedagang yang berjualan di lokasi kejadian. Saat itu, kobaran api sudah membesar.

”Tiba tiba sudah ada api menyala besar,” ujar warga bernama Adi.

Melihat hal itu, seketika warga memberikan pertolongan seadanya. Dengan menggunakan ember, warga berusaha memadamkan api. “Nunggu pemadam datang, pakai ember lah kami menyiram ruko itu,” bilang warga.

Sekitar 30 menit kemudian, mobil pemadam kebakaran tiba ke lokasi untuk memadamkan api. Belum diketahui pasti, apakah ada korban jiwa atau tidak. Namun, kerugian akibat kebakaran ini ditaksir mencapai ratusan juta.
Kepala Bidang Pemadam Kebakaran Dinas Satpol PP-Linmas Pemkab Labusel Ismail yang dikonfirmasi wartawan membenarkan peristiwa itu.

Menurutnya, seluruh unit kendaraan pemadam kebakaran telah dikerahkan untuk memadamkan api.

“Tapi kami kesulitan mendapatkan air untuk melakukan pemadaman. Mengenai asal api, korban jiwa, dan kerugian belum dapat diperkirakan. Kami masih berupaya memadamkan api,” katanya.

Sementara itu, kebakaran tersebut memicu kemacetan arus lalu lintas di Jalan Jendral Sudirman, baik dari arah Pekanbaru menuju Medan dan sebaliknya.

Jalan Raja, Jalan Masjid, Jalan Jawa, dan Jalan Kalapane yang menjadi jalur alternatif pun tidak luput dari kemacetan lalu lintas. (fdh/int)