News

Begini Tips dari dr Raja Lontung

FaseBerita.ID – Pada masa pandemi Covid-19 seperti saat ini, masyarakat di seluruh Indonesia diimbau oleh pemerintah agar selalu mengikuti protokol kesehatan. Seperti, memakai masker, mencuci tangan, dan menghindari kerumunan.

Namun, menurut dr Raja Lontung Mahmud Ritonga, ada lima langkah tips pencegahan penularan Covid-19. Selain menaati protokol kesehatan, masyarakat juga perlu mengkonsumsi makanan dengan gizi yang seimbang.

“Pertama, mencuci tangan dengan benar. Cara paling sederhana namun efektif untuk mencegah penyebaran virus Corona. Usahakan mencuci tangan dengan air yang mengalir, serta pastikan seluruh tangan dicuci dengan bersih. Kemudian, keringkan tangan memakai tissu atau handuk yang bersih,” ujar dokter yang saat ini bertugas di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Rantauprapat, Jum’at (8/1/2021) siang di Labuhanbatu.

Kedua, lanjutnya, menggunakan masker. Dalam hal ini gunakanlah masker yang direkomendasi oleh WHO. Secara umum, ada dua tipe masker yang bisa anda gunakan untuk mencegah penyebaran Covid-19. Yakni, maskes bedah dan masker N95.

Kemudian yang ketiga, sambung dia, yaitu menjaga daya tahan tubuh. Dengan menjaga makanan dan minuman yang sehat, serta olahraga yang teratur.

“Sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang bergizi. Seperti, buah-buahan, makanan yang mengandung protein seperti, telur ikan dan daging tanpa lemak,” ulas dr Raja.

Sedangkan yang ke empat, paparnya, menerapkan physical distancing dan isolasi mandiri. Physical distancing merupakan salahsatu langkah penting memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Hal tersebut dapat dilakukan dengan tidak bepergian keluar rumah bila tidak diperlukan atau keperluan mendesak.

“Jika berada di luar rumah, usahakan jaga jarak minimal satu meter dari orang lain yang ada disekitar. Dan usahakan tidak kontak langsung atau menjaga jarak dengan orang yang sedang sakit terduga terinfeksi Corona Virus atau yang sudah terinfeksi,” sebut mantan Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Labuhanbatu itu.

Dirinya juga menjelaskan, bila kita merasa tertular atau mengalami gejala Covid-19 ringan seperti, batuk, pilek serta ditambah dengan riwayat perjalanan dari wilayah yang terjangkit Covid-19 atau kontak langsung dengan orang yang terjangkit Covid-19, sangat dianjurkan untuk mengisolasi diri secara mandiri.

Sementara tips yang ke lima, kata Raja, yakni menjaga kebersihan tempat tinggal, dengan cara membersihkan rumah dan menyemprotkan desinfeksi secara rutin.

Dengan menyemprotkan desinfeksi di dalam rumah, jelasnya lagi, agar rumah selalu steril dan dan bersih. Dengan itu dapat dipercaya menekan perkembangan penularan virus yang mematikan tersebut.

“Sebagai tambahan, kita selaku ummat beragama jangan lupa selalu berdoa untuk terhindar dari penyakit mematikan yang telah tersebar di seluruh dunia saat ini,” pungkasnya.

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Labuhanbatu H Kamal Ilham mengatakan bahwa update penanganan Covid-19 di Kabupaten Labuhanbatu terkonfirmasi aktif sebanyak 300 kasus.

“Jumlah ini merupakan update per bulan Desember 2020. Belum ada pertambahan kasus Covid-19. Namun demikian, pemerintah tetap mengimbau masyarakat untuk selalu mematuhi protokol kesehatan,” tandasnya. (Bud/fabe) 

USI