News

Bedah Buku Negeri 5 Menara: BI Sibolga Motivasi Pelajar dan Mahasiswa Menulis

SIBOLGA, FaseBerita.ID – Guna memotivasi pelajar di Kota Sibolga untuk menulis, Bank Indonesia (BI) Sibolga bekerjasama dengan Kodim 0211/TT menggelar bedah buku berjudul Negeri 5 Menara, Senin (29/7) di Makodim 0211/TT.

Kegiatan bedah buku itu dihadiri langsung Ahmad Fuadi selaku penulis buku “Negeri 5 Menara”, Kepala Perwakilan BI Sibolga Suti Masniari Nasution, Forkopimda Sibolga, pengurus dan anggota Persit KCK, Bhayangkari, para guru pendamping serta puluhan pelajar dan mahasiswa.

Kepala Kantor Perwakilan BI Sibolga Suti Masniari Nasution dalam sambutannya menjelaskan, selain tugas utama di bidang moneter, BI secara konsisten terus berkontribusi terhadap anak bangsa melalui sektor pendidikan.

“Buku Negeri 5 Menara ini sarat motivasi yang dapat dijadikan pedoman dalam kehidupan sehari-hari. Karena buku ini sangat menarik dan cukup laris di pasaran, bahkan sudah difilmkan. Maka kami pun berusaha menghadirkan penulisnya ke Sibolga-Tapanuli Tengah untuk memberikan motivasi dan semangat bagi kita semua,” pungkasnya seraya menambahkan inspirasi dan motivasi dalam buku tersebut yakni Man Jadda Wajada, juga berlaku bagi mereka yang bekerja di Bank Indonesia Sibolga.

Kasdim 0211/TT Mayor Inf Horas Sitorus yang mewakili Dandim menyampaikan, rasa bangganya atas kerjasama yang baik antara Makodim 0211/TT dengan Bank Indonesia Sibolga.

“Dengan acara bedah buku ini, kami yakin generasi muda kita akan termotivasi dengan isi buku yang luar biasa ini. Jadilah generasi bangsa yang berprestasi,” katanya.

Sementara, Ahmad Fuadi dalam acara itu mengaku, dia tidak pernah membayangkan kalau buku yang dia tulis bakalan meledak di pasaran.

“Bahkan sampai menembus pasar internasional setelah ditranslate ke Bahasa Inggris,” ujarnya.

Berkat buku itu juga, sambungnya, dia berhasil mengelilingi dunia sampai ke 53 negara, dan menurutnya kunci sukses menulis buku sebenarnya sangat sederhana, yakni membiasakan diri untuk menulis.

“Menulislah, maka kau akan sampai ke ujung dunia,” ungkap Ahmad Fuadi di acara bedah buku Negeri 5 Menara di Makodim 0211/TT, Senin (29/7/2019).

Dia menjelaskan, buku yang dia tulis itu berisi cerita anak kampung dari desa terpencil, yaitu sebuah desa di tepian Danau Maninjau, Provinsi Sumatra Barat.

“Anak kampung yang memiliki impian dan cita-cita tinggi. Anak kampung yang ada dalam buku itu adalah saya bersama teman-teman,” ungkapnya.

Lantas kenapa buku itu diberi judul Negeri 5 Menara, lanjutnya, karena anak-anak kampung yang awalnya kurang yakin mampu menggapai cita-cita itu, ternyata berhasil di 5 negara hingga akhirnya mereka melakukan reunian di Kota London, Inggris.

“Salah satu motivasi untuk meraih sukses dan impian yang tinggi dalam buku itu adalah, Man Jadda Wajada (barang siapa yang bersungguh-sungguh, maka akan berhasil),” ungkapnya.

Tak sampai di situ, kata dia, ceritanya juga berlanjut dengan hadirnya buku berjudul Ranah 3 Warna yang sudah beredar di pasaran. Bahkan, saat ini sedang persiapan syuting film layar lebar.

“Mudah-mudahan filmnya nanti bisa menyusul suksesnya film Negeri 5 Menara. Kata motivasi dalam buku Ranah 3 Warna itu, Man Shobaro Zhofiro (siapa yang bersabar akan beruntung),” katanya.

Kemudian lanjutan dari buku ini juga sudah terbit dengan judul Rantau 1 Muara dengan kata motivasi di dalamnya, Man Saaro ‘Alaa Darbi Washola (siapa yang berjalan di jalur-Nya akan sampai).

Bedah buku Negeri 5 Menara ini merupakan tindak lanjut kerja sama Bank Indonesia Sibolga dengan Kodim 0211/TT di bidang pendidikan, menyusul keberadaan BI Corner di Makodim yang dilaunching beberapa waktu lalu. (rb/osi)