News

Bea Cukai Dukung GPEI Sumut

FaseBerita.ID – Gabungan Perusahaan Ekspor Indonesia (GPEI) Sumut, yang dipimpin Ketua GPEI Sumut Hendrik H Sitompul, didampingi Wakil Ketua GPEI Sumut Condrad A Naibaho, Job Purba, Badan Hukum Donsisko Perangin angin, dan Staff Egi Simarmata, berkunjung ke Kantor Bea Cukai Belawan, akhir pekan lalu.

Kunjungan yang merupakan Program awal 2021 GPEI Sumut itu, diterima Kepala Kantor Bea Cukai Belawan, Tri Utomo Hendro Wibowo.

Pada pertemuan itu, Tri Utomo menyambut baik, serta mendukung rencana GPEI Sumut. Di antaranya, membuka sekolah ekspor, merancang market place untuk mempromosikan produk-produk ekspor yang ada di Sumut.

“Kami setuju dan mendukung dengan adanya membuka sekolah ekspor, karena sekarang semua didorong pakai digital. Serta rencana membuat market place dari hulu sampai ke hilir. Kami akan bersinergi untuk menggali potensi ekspor di Sumut,” ungkap Tri Utomo.

Lebih lanjut Tri Utomo mengatakan, pihaknya juga telah merancang dan akan membuat Klinik Ekspor. Diharapkan dapat bekerja sama dengan GPEI Sumut.

“Kami harapkan juga kerja sama dengan GPEI Sumut melalui Klinik Ekspor, sekaligus untuk menertibkan Jasa Ekspor,” harapnya.

Sebelumnya, Ketua GPEI Sumut, Hendrik H Sitompul mengaku, Bea Cukai Belawan mendukung penuh untuk membuka sekolah ekspor dan market place.

“Kami ingin menyampaikan sesuatu yang kami harapkan nanti menjadi program dukungan bagi GPEI Sumut, dan mendongkrak ekspor agar ekspor di Sumut bisa lebih meningkat,” jelasnya.

Dengan adanya sekolah ekspor ini, sekaligus Klinik Ekspor di Bea Cukai, sangat membantu, terutama dalam mengajarkan hal-hal praktis, yang tidak bisa didapatkan di sekolah umum.

Di Sumut, lanjut Hendrik, ada 2 pelaku usaha, yang pertama pelaku usaha jasa ekspor dan yang kedua pelaku usaha pemilik barang.

“Kewajiban kita sebagai pengusaha harus dilaksanakan. Pemilik barang tidak tahu proses barang mereka, proses logistik. Kita harus kembangkan para pemilik barang supaya bisa mandiri,” jelas Hendrik lagi.

Dalam kesempatan itu, Hendrik juga menyampaikan sinergitas dengan Bea Cukai Belawan melalui media yang dimiliki GPEI Sumut, di antaranya Majalah Export News dan media online Geosiar.com.

Di akhir pertemuan, Hendrik menyerahkan secara simbolis Majalah Export News, kepada Kepala Kantor Bea Cukai Belawan, Tri Utomo Hendro Wibowo. (smg/fabe)