News

Bawaslu Simalungun Awasi Debat Publik Paslon Bupati dan Wakil Bupati

Moderator Dilarang Beropini

FaseBerita.ID – Debat publik Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Simalungun Tahun 2020 putaran pertama akan diselenggarakan oleh KPU Kabupaten Simalungun, Sabtu (14/11/2020).

Debat yang dilaksanakan di Hotel Niagara, Parapat mulai pukul 19.00 WIB tersebut telah diantisipasi oleh Bawaslu Kabupaten Simalungun dengan menyurati Komisi Pemilihan Umum berupa himbauan untuk menyiarkan debat publik tersebut melalui lembaga penyiaran publik atau lembaga penyiaran swasta, selain melalui Media Sosial KPU Kabupaten Simalungun sehingga dapat diakses oleh seluruh lapisan masyarakat.

Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga (Kordiv. PHL) Bawaslu Simalungun, Mulai Adil Saragih juga mengingatkan agar tim penyusun materi debat publik atau debat terbuka antar pasangan calon mempunyai integritas tinggi, jujur, simpatik, netral, dan tidak memihak kepada salah satu pasangan calon.

Di samping itu, moderator debat publik dilarang memberikan opini, komentar, penilaian dan kesimpulan terhadap penyampaian materi debat atau jawaban dari setiap pasangan calon.

Pertanyaan terkait materi debat harus bersifat rahasia. Dan moderator wajib memberikan kesempatan yang sama bagi tiap calon atau pasangan calon dalam debat.

Dan yang paling utama dari pelaksanaan debat publik tersebut adalah agar seluruh hadirin tetap mematuhi protokol kesehatan pencegahan dan penularan Corona Virus Disease 2019 (Covid 19). (hum/fi)

USI