News

Bawaslu Siantar Usulkan Anggaran Rp10,6 Miliar

SIANTAR, FaseBerita.ID – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Pematangsiantar mengusulkan anggaran sebesar Rp10,6 miliar untuk pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2020. Namun usulan tersebut belum dijawab oleh Pemko Pematangsiantar.

Ketua Bawaslu Pematangsiantar Muhammad Syafii Siregar mengatakan, sebelumnya Bawaslu sempat mengusulkan anggaran sebesar Rp13,6 miliar.

Setelah usulan tersebut masuk, Pemko Pematangsiantar menyatakan tidak bisa menampungnya dan diminta merevisi ulang. Karena ditolak, Bawaslu melakukan revisi, dan selanjutnya diusulkan Rp10,6 miliar.

“Sudah kita usulkan Rp10,6 miliar. Tapi sampai saat ini belum ada jawaban dari Pemko Siantar,” kata Syafii, Jumat (6/9/2019).

“Mudah-mudahan Pemko Siantar menyetujui. Kita tunggulan tanggal 1 Oktober 2019 nanti saat penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD),” terangnya.

Ketika disinggung bagaimana bila usulan anggaran tersebut ditolak, Syafii mengatakan pihaknya akan berkoordinasi dengan Bawaslu Sumatera Utara (Sumut) dan Bawaslu Republik Indonesia.

“Dalam waktu dekat, kami juga akan menggelar rapat di Makassar dalam hal pembahasan anggaran Pilkada di daerah,” ujarnya.

Sementara itu, tahapan yang dilakukan Bawaslu saat ini adalah menunggu tahapan dari Komisi Pemilihan Umum (KPU). Sedanngkan untuk perekrutan Panwas Kecamatan, katanya, akan dilakukan Desember mendatang. (pra)