News

Bawaslu Asahan Usulkan Tambah Anggaran Rp2 Miliar untuk Pengadaan APD

FaseBerita.ID – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Asahan ikut mengajukan penambahan sebesar Rp2 Miliar ke Pemerintah Daerah sebagai tambahan untuk mengadakan perlengkapan alat pelindung diri (APD) dalam pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Buapati dan Wakil Bupati Asahan serentak 2020 di tengah masa pandemi yang rencananya bakal bergulir Desember tahun ini.

Ketua Bawaslu Asahan Hambali Khomaidi Siambaton mengatakan penambahan tersebut telah diusulkan pihaknya ke Pemkab Asahan beberapa waktu yang lalu mengingat pengawasan Pilkada sebagai tugas pokok Bawaslu juga harus menerapkan standard protokol Covid-19.

“Sudah diusulkan penambahan anggarannya sebesar Rp 2 Miliar. Itu untuk pengadaan APD bagi petugas di lapangan,” kata Khomaidi, Sabtu (20/6).

Disamping itu, Bawaslu juga telah mengaktifkan kembali pantia pengawas di Kecamatan maupun Kelurahan / Desa sejak tanggal 13 Juni 2020 kemarin setelah mereka sempat diberhentikan sementara karenas situasi Covid-19.

Selanjutnya, Bawaslu Kabupaten Asahan akan menunggu instruksi dari pusat dan keluarnya Perbawaslu untuk mengawasi jalannya pelaksanaan dan tahapan Pilkada yang sudah kembali dimulai.

Sebelumnya, Bawaslu telah menerima dana hibah untuk pengawasan Pilkada ke Pemerintah Kabupaten Asahan yang ditampung dalam APBD sebesar Rp 22 Miliar, kemudian menambah kembali penganggarannya untuk kebutuhan APD mengingat pelaksanaan Pilkada diprediksi bakal berlangsung dalam situasi pandemi Covid-19. (per/rah)