News

Bawaslu Ajak Masyarakat Aktif Awasi Pilkada 2020

FaseBerita.ID – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Labuhanbatu menggelar sosialisasi pengawasan partisipatif mengajak seluruh lapisan masyarakat mengawasi Pilkada serentak yang akan dilaksanakan Desember 2020 khususnya di Kabupaten Labuhanbatu.

Demikian dikatakan Ketua Bawaslu Labuhanbatu Makmur Munte saat membuka acara sosialisasi di Hall Rom Hotel Permata Land, Sabtu (18/7).

Makmur menyebutkan bahwa laporan masyarakat dan  informasi dari  media merupakan corong informasi yang juga sangat berperan mengawasi jalannya segala bentuk pelaksanaan tahapan pilkada. Melalui sosialisasi partisipatif ini, Makmur berharap kerjasama yang baik terjalin sehingga proses pulkada yang diharapkan bisa dicapai.

“Kita berharap media juga ikut mensosialisasikan tahapan kepada masyarakat karena masa pandemi ini bertatap muka sudah dibatasi. Kita juga dari Bawaslu akan siap melakukan pengawasan dan dalam pelaksanaannya akan menerapkan protokoler kesehatan. Selain itu, peran masyarakat dan media sangat diharapkan agar dapat bersinergi dengan Bawaslu dalam pengawasan Pemilu,” jelasnya.

Dosen Universitas Sumatera Utara Faisal Andri Mahrawa yang hadir sebagai narasumber dalam kegiatan ini menjelaskan bahwa pelaksanaan pemilu telah dilakukan setelah 10 tahun sesudah Indonesia merdeka, tepatnya ditahun 1955 dan sangat antusias.

Namun, kata Faisal, Pemilu dianggap masyarakat sebagai proses pemborosan uang negara. Tetapi, jika pemilu dilakukan memang dengan cara-cara yang baik, maka akan menghasilkan pemimpin yang baik pula.

“Media juga tidak boleh netral, harus berpihak. Dalam arti berpihak dengan peraturan yang benar. Bawaslu dengan insan pers, masyarakat serta pegiat media sosial harus berperan serta dalam pelaksanaan pengawasan,” jelasnya. (bh/sr)