News

Bantu Warga Terdampak Corona, Walikota Sibolga Sisihkan Gajinya

FaseBerita.ID – Walikota Sibolga Syarfi Hutauruk menyisihkan satu bulan gaji yang diterimanya sebagai wujud kepedulian terhadap masyarakat untuk memerangi virus corona atau Covid-19. Hal itu disampaikannya dalam konferensi pers usai memimpin rapat antisipasi dan memutus mata rantai Covid-19 di Kota Sibolga, Senin (30/3) di Aula Nusantara I Kantor Wali Kota Sibolga.

Menurut Syarfi, dia sendiri akan menyisihkan dan menyumbangkan satu bulan gaji yang diterimanya, dan Wakil Walikota Sibolga Edi Polo Sitanggang bersama Sekda M Yusuf Batubara masing-masing setengah dari sebulan gaji yang mereka terima.

”Bantuan ini akan diserahkan kepada para abang becak, pedagang kaki lima dan masyarakat lain yang terdampak ekonomi akibat pandemi Covid-19,” kata Syarfi seraya mengajak dan berharap seluruh ASN Pemko Sibolga untuk berkenan menyumbangkan sebahagian gaji/tambahan penghasilannya dengan seikhlas hati.

Pada kesempatan itu, Syarfi juga menyampaikan bahwa gugus tugas percepatan penanganan corona telah dibentuk dan harus segera bekerja.

“Untuk lebih efektifnya sosialisasi ke masyarakat di tingkat bawah, camat dan jajarannya bersama Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimca) membentuk posko yang berkedudukan di kecamatan,” ujar Syarfi.

Dia mengatakan, posko itu nantinya akan menjalankan tugasnya, antara lain melakukan pengawasan warnet-warnet, agar pelajar tidak bermain di warnet.

“Sangat disayangkan, disaat pemerintah meliburkan sekolah untuk mengantisipasi penyebaran virus corona, masih ditemukan anak-anak usia sekolah berkeliaran, dan ini juga akibat kurangnya kontrol orang tua. Tolong hargai upaya-upaya yang dilakukan Pemko Sibolga, TNI dan Polri, mencegah berkembangnya virus corona di Sibolga,” tegas Syarfi.

Syarfi juga meminta dan mengimbau seluruh pemilik warung kopi/cafe, untuk menyarankan pembeli tidak makan atau minum di tempat, namun membungkus makanan/minuman untuk dibawa pulang.

“Bagi warga yang mengetahui ada kerabat atau tetangganya yang datang dari daerah terjangkit, agar melaporkannya sesegera mungkin kepada petugas,” tandasnya. (rb)

USI