News

Banjir Genangi Sejumlah Wilayah di Tapteng: Rumah Terendam, Hewan Ternak Mati

TAPTENG, FaseBerita.ID – Hujan deras yang melanda Kecamatan Pandan, Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), menyebabkan banjir.

Ratusan rumah di Kelurahan Lubuk Tukko di kecamatan tersebut digenangi air hingga mencapai kedalaman 1 meter. Badan jalan juga tak luput dari genangan yang membuat warga kelabakan mengevakuasi barang-barang rumah tangga.

Informasi yang berhasil dikumpulkan di lapangan menyebutkan, curah hujan yang cukup tinggi itu terjadi sejak Selasa (27/8/2019) sekira pukul 17.00 WIB di wilayah Kecamatan Pandan. Akibatnya, sungai Sibuluan yang mengalir di belakang perumahan warga meluap. Warga pun panik dan banyak yang tidak sempat menyelamatkan barang miliknya.

Disamping akibat tingginya aktivitas hujan, banjir yang datangnya tidak terduga ini disinyalir akibat lepasan air bendungan PLTA Sipan Sihaporas yang berada di hulu sungai. “Tiba-tiba airnya meluap hingga ke pemukiman warga. Barang-barang berharga saja yang kita diselamatkan ke tempat lebih tinggi,” kata Wagimun, warga sekitar.

Tidak hanya merendam rumah penduduk, luapan sungai Sibuluan juga merusak tanam-tanaman warga. Hewan ternak juga banyak yang terendam bahkan terseret banjir. Diperkirakan, ratusan ayam dan bebek mati terseret banjir.

Pantauan di lapangan, banjir mengalami kesurutan sekitar pukul 23.00 WIB. Warga terlihat sibuk membersihkan sisa-sisa lumpur dan sampah yang berserakan di dalam rumah. (ztm)

iklan usi