News

Banjir dan Longsor Terjang Angkola Sangkunur

FaseBerita.ID – Curah hujan tinggi yang turun pada Selasa (5/3), menyebabkan terjadinya banjir di sejumlah tempat di Kecamatan Angkola Sangkunur, Tapsel. Tidak hanya banjir, longsor juga menimbun ruas jalan di Bukkas yang menghubungkan antara Kecamatan Angkola Sangkunur-Angkola Selatan.

Informasi yang didapat, kondisi cuaca hujan dengan intensitas tinggi yang terjadi pada Selasa (5/3) mulai pagi hingga siang hari menyebabkan sejumlah desa dan kelurahan di Kecamatan Angkola Sangkunur mengalami banjir.

“Iya, akibat hujan deras kemarin. Ada beberapa desa dan kelurahan yang terdampak,” ungkap Camat Angkola Sangkunur Thohir Pasaribu, Rabu (6/3).

Adapun daerah yang terdampak, terangnya, seperti di Desa Batugodang, Bandar Tarutung, Aek Pardomuan, Sangkunur dan Simataniari. Saat kejadian, ketinggian air mencapai seukuran pinggang orang dewasa.

“Namun banjir tidak berlangsung lama, hanya sekitar dua jam. Dan cepat surut,” tukasnya dan menyebut daerahnya memang sudah menjadi langganan banjir setiap kali hujan deras datang.

Tidak hanya banjir, akibat kondisi cuaca tersebut, juga menyebabkan terjadinya longsor di Dusun Bukkas. Jalan umum yang menghubungkan antara Kecamatan Angkola Sangkunur-Angkola Selatan ini tertimbun material longsor sepanjang 30 meter.

“Di Bukkas juga ada terjadi longsor. Saat kejadian kondisi jalan tertutup. Dan sampai saat ini masih dilakukan upaya pembersihan,” sebutnya yang malam saat kejadian langsung turun ke lokasi didampingi Bhabinkamtibmas Bripka L Sembiring.

Material yang menutupi jalan, ujar Thohir, menyebabkan terputusnya jalur transportasi kendaraan umum. Dan hanya bisa dilewati kendaraan roda dua.

“Bersama masyarakat sudah dibuat jalan alternatif, namun masih hanya bisa dilintasi kreta (sepeda motor) saja. Dan sudah berkoordinasi dengan pihak terkait untuk upaya pembersihan,” pungkasnya. (yza)

iklan usi