News

Bandara Sibisa akan Buka Penerbangan Batam dan Pekanbaru

TOBASA, FaseBerita.ID – Untuk mendukung sektor pariwisata Danau Toba, Bandara Sibisa yang berada di Kecamatan Ajibata, Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) saat ini sedang dirancang untuk melayani berbagai penerbangan luar daerah seperti Batam dan Pekanbaru.

Hal itu disampaikan Farel Lumbantobing, Kepala Bandara DR Ferdinan Lumbantobing selaku Satuan Pelayanan (Satpel) Bandara Sibisa ketika diwawancarai bersama Ir Pargaulan Sianipar Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kabupaten Tobasa di Ruang kerja Kadishub, di Balige, Senin (9/9/2019).

Dipaparkan, saat ini Bandara Sibisa hanya melayani penerbangan komersil Sibisa – Binaka Nias, satu kali dalam seminggu. Persoalannya, fasilitas yang tidak memadai untuk menampung pesawat yang kapasitas lebih besar, seperti ranway, terminal, pawer house, dan fasilitas lainnya. Kondisi saat ini, luas lahan Bandara Sibisa hanya 20 ha.

Sedangkan untuk membangun berbagai fasilitas dimaksud butuh penambahan lahan sekitar 41 ha. Hal itulah yang sedang di koordinasikan dengan Pemkab Tobasa, terutama terkait kebutuhan lahan.

“Jika lahan sudah tersedia, tahun depan anggaran pembangunan berbagai fasilitas itu akan dialokasikan. Meski secara bertahap,” terang Farel.

Targetnya, lanjut Farel, adalah¬† pembangunan panjang ranwai. Saat ini hanya sepanjang 1200 meter. Kalau sudah mencapai 2000 meter, maka jenis pesawat ATR 72 dengan kapasitas 70 orang penumpang bisa mendarat. Artinya, kita sudah bisa buka layanan penerbangan Batam dan Pekanbaru, atau daerah lainnya,” paparnya.

Menurutnya, hadirnya Bandara Sibisa sangat penting untuk mendunkung kemajuan sektor pariwisata Danau Toba.

Terkait pembebasan lahan untuk pembangunan Bandara Sibisa, Ir Pargaulan Sianipar menegaskan bahwa saat ini Pemkab Tobasa sedang melakukan inventarisir kebutuhan lahan dimaksud, termasuk menyangkut ganti untung pembebasan lahan.

“Kita sedang menginventarisir kebutuhan lahan, ganti untung lahan. Skema pembiayaan juga sedang kita pikirkan, apakah dari BPODT atau dari Kemenhub,” katanya sambari menyebutkan bahwa Pemkab Tobasa sangat mendukung pembangunan Bandara Sibisa. (ft/osi)

USI