News

Bandara Internasional Silangit Kembali Dibuka: Tinjau Kesiapan Protokol Kesehatan

FaseBerita.ID – Sementara di Tapanuli Utara, setelah ditutup selama hampir dua bulan, Bandara Internasional Silangit kembali membuka penerbangan dari dan menuju Jakarta. Hal itu dibuktikan dengan peninjauan kesiapan New Normal yang dilakukan Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan, Rabu (10/6).

Di sela-sela peninjauan itu, bupati menegaskan bahwa kehadirannya di bandara itu adalah untuk memastikan kesiapan protokol kesehatan di sana.

“Kita mau memastikan apakah Bandara Internasional Silangit menerapkan protokol kesehatan yang telah ditetapkan dalam prosedur penerbangan. Ini harus kita pastikan karena menyangkut manusia keluar masuk dari zona merah ke Zona hijau. Ini semua harus dipatuhi demi memutus rantai penyebaran Covid-19 ini,” ucap bupati didampingi Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Tapanuli Utara.

Dia menyebut, sejauh ini Bandara Internasional Silangit sudah siap menuju new normal dan telah menerapkan protokol kesehatan.

“Setelah kita cek, protokol kesehatan diterapkan dengan baik. Tenaga medis dari Dinas Kesehatan Taput sudah standby menjalankan protokol kesehatan bagi penumpang yang datang dan keluar Bandara Internasional Silangit,” ujarnya.

Sementara itu berdasarkan keterangan Kepada Bandara Internasional Silangit Iwan Sutisna menyampaikan, penumpang yang datang dan akan berangkat dari bandara tersebut harus memenuhi syarat memiliki surat keterangan rapid test yang berlaku untuk tiga hari. Dan apabila sudah lewat tiga hari, harus rapid test kembali.

Kemudian penumpmang harus memiliki Surat Ijin Keluar Masuk (SIKM) dan di bandara nantinya akan diukur suhu tubuh kembali. “Yang paling penting, harus menggunakan masker dan cuci tangan,” jelasnya.

Disebutkan, adapun jumlah penumpang yang berangkat dengan maskapai Citilink pada penerbangan yang baru-baru ini dilakukan dari Bandara Silangit sebanyak 74 orang. Sementara jumlah penumpang yang datang sebanyak 51 orang. (as/fi)

USI