News

Balitbang Labuhanbatu Gelar Workshop Input Data Aplikasi E-APBD SIANDI

Hilangkan Silang Pendapat Tentang Penggunaan Aplikasi Lain

RANTAUPRAPAT, FaseBerita.ID – Badan Penelitian dan Pengembangan menggelar Workshop Penginputan Data Aplikasi E-APBD SIANDI Kabupaten Labuhanbatu, serta Integrasi Aplikasi E-Sumut Provinsi Sumatera Utara.

Kegiatan ini dibuka Plt Bupati Labuhanbatu Andi Suhaimi Dalimunthe, berlangsung di Ruang Data dan Karya Kantor Bupati Labuhanbatu, Senin (17/6/2019).

Andi Suhaimi menyampaikan, penerapan aplikasi E-APBD SIANDI merupakan implementasi Peraturan Nomor 15 Tahun 2019 yang bertujuan untuk mengintegrasikan penyusunan program dan kegiatan RKPD, penyusunan renjana kerja SKPD, penyusunan anggaran, pengelolaan pendapatan daerah, penatausahaan keuangan daerah, akuntansi dan pelaporan, serta pengadaan barang dan jasa.

“Kegiatan ini merupakan langkah awal dari suatu proses yang berkesinambungan demi terwujudnya tata kelola pemerintahan yang baik untuk pembangunan di Kabupaten Labuhanbatu ke depan. “Saya tegaskan agar aplikasi ini segera dilaksanakan, agar kita mengetahui kelebihan dan kekurangannya untuk dapat dikembangkan serta ditingkatkan,” ujar Andi.

Lebih lanjut Andi mengimbau, kepada segenap jajaran Pemkab Labuhanbatu tetap memiliki komitmen untuk menjalankan tugas dan amanah, hilangkan silang pendapat tentang penggunaan aplikasi lainnya, dan lebih utamakan aplikasi inovasi daerah kota sendiri yaitu aplikasi E-APBD SIANDI.

“Saya minta kepada seluruh OPD agar lebih serius dan segera mengisi data aplikasi AJAMU dan E-APBD SIANDI yang sudah terintegrasi dengan E-SSH dan E-APBD Provinsi Sumatera Utara. Di sisi lain, penggunaan aplikasi ini juga bertujuan untuk mencapai Inovative Goverment Award (IGA) tahun 2020,” sebut Andi Suhaimi.

Plt bupati juga mengajak seluruh peserta workshop untuk meneruskan reformasi birokrasi untuk Pemkab Labuhanbatu yang bersih, profesional, kompeten dan bermartabat. Dirinya yakin jajaran Pemkab adalah mereka yang jujur dan berintegrasi tinggi yang mendedikasikan dirinya, guna membangun daerah menjadi lebih hebat, berdaya saing, maju, adil dan makmur.

Sekretaris Balitbang Soni Yudi Bizahrin selaku ketua panitia menjelaskan, kegiatan workshop ini akan berlangsung selama dua hari, dimulai tanggal 17 Juni sampai dengan 18 Juni tahun 2019, diikuti Kasubbag program atau yang membidangi perencanaan pada seluruh OPD dan kecamatan di lingkungan Pemkab Labuhanbatu.

Soni Yudi menambahkan, aplikasi E-APBD SIANDI telah di launching secara resmi bersama Forkopimda pada tanggal 15 November 2018, dan telah disosialisasikan cara penginputannya kepada seluruh Kasubbag Program. Dengan penyempurnaan aplikasi tersebut nantinya diharapkan dapat menjadi sumbangan inovasi daerah Kabupaten Labuhanbatu untuk Indonesia.

Kegiatan ini dilanjutkan dengan paparan tentang penyusunan rencana kegiatan terintegrasi yang disampaikan Yosi Sukmono sebagai Kasubbid Kawasan Strategis, kerjasama dengan Bappeda Provsu serta Ing Heru Pranoto, beserta tim IT Aplikasi E-APBD SIANDI dari Politeknik Negeri Medan. (nik/ahu)