News

Bahu Jalinsum Sibolga-Padangsidimpuan Longsor

FaseBerita.ID – Bahu Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) Sibolga-Padangsidimpuan (Psp), tepatnya di Km 42,5 Lingkungan IV kelurahan Sibabangun, Kecamatan Sibabangun, Tapanuli Tengah (Tapteng), longsor hampir mengenai badan jalan. Akibatnya, jalan penghubung Tapanuli Tengah dengan Kabupaten Tapanuli Selatan ini terancam putus.

Informasi dihimpun menyebutkan, Intensitas hujan yang sangat tinggi beberapa hari belakangan ini membuat sungai Sibabangun meluap dan berarus deras. Hantaman arus sungai mengenai bahu jalan sehingga mengakibatkan longsor ke jurang berkedalaman sekitar 8 meter . “Beruntung badan jalan tidak ikut longsor,” ujar Samsul, warga sekitar, Minggu (19/4).

Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, pihak BBPJN Sumut 2 memasang rambu peringatan di sekitar lokasi longsor. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi pengendara yang melintas agar tidak terperosok ke dalam jurang

Belum diketahui kapan pihak terkait memasang tembok penahan tanah disekitar lokasi longsor. Menurut warga, jika hal ini tidak secepatnya diantisipasi, besar kemungkinan jalinsum akan terputus. “Harus secepatnya ditembok, paling tidak bronjonglah,” sebut Samsul. (ztm)