News

Ayo Rajut Kekompakan dengan Gotong Royong

TAPSEL, FaseBerita.ID – Gotong royong harus dipertahankan. Karena, melalui gotong royong, kerja sama dan silaturahmi ditengah masyarakat tetap terjaga.

Dan, menjelang puasa beberapa hari lalu, aksi gotong royong, sangat kental ditengah masyarakat. Secara bersama dan kompak, warga membersihkan fasilitas umum dikampungnya. Mulai dari jalan, pemandian umum, pemakaman, masjid dan lainnya.

“Aksi gotong royong seperti ini, selalu kami lakukan menjelang datangnya Ramadan,” ungkap Husni Siregar (56) Warga Hutabaru, Desa Parandolok Mardomu, Kecamatan Sipirok, saat melakukan aksi gotong royong bersama warga lainnya di Masjid dan Pemandian Air Panas Sosopan, beberapa hari lalu.

Menurutnya, bulan puasa memang merupakan bulan yang suci. Bulan penghapusan dosa yang didalamnya juga banyak amalan. Dan, menjelang puasa, masyarakat akan lebih kompak dan saling bermaafan. Sehingga, dapat dipastikan, setiap orang selalu berupaya membersihkan diri dan hati dari berbagai hal yang dianggap mengundang dosa.

“Kami membersihkan masjid, dan pemandian umum air panas, agar memberi kenyamanan saat melakukan ibadah pada Ramadan,” ungkapnya.

Di tempat lain, beberapa warga Kelurahan Baringin dan Parausorat juga menggelar aksi gotong royong. Selain membersihkan mesjid, warga yang dikomandoi pemerintahan setempat juga membersihkan ruas jalan umum yang menhubungkan kedua kelurahan di Kecamatan Sipirok itu.

Dari amatan, hampir di seluruh pemukiman warga, momen jelang Ramadan sangat identik dengan semangat gotong royong dalam merajut kebersamaan. (ran)

USI