News

Ayah Badau di Asahan Cabuli Anak Sendiri

ASAHAN, FaseBerita.ID – Bermotif bujuk rayu, SS (60) tega mencabuli AS (16) yang adalah anak kandung SS sendiri. SS dan AS tinggal satu rumah di Kecamatan Bandar Pasir Mandoge, Kabupaten Asahan.
AS dicabuli berulang kali oleh oleh SS sejak AS berusia 12 tahun. Saat itu tahun 2016 tepatnya bulan Juli pertama kalinya AS dicabuli oleh ayahnya sendiri.

Kapolres Asahan, AKBP Nugroho Dwi Karyanto didampingi Kasat Reskrim, AKP Rahmadani dan beberapa pejabat utama Polres Asahan saat menggelar konferensi pers, Rabu (17/2).
Kapolres Asahan menjelaskan pencabulan yang dilakukan oleh ayah korban terhadap anak kandungnya sendiri ini terjadi sudah berulang kali hingga yang terakhir kalinya pada tanggal 10 Oktober 2020 pukul 13.00 WIB.

Setelah mendapat informasi dari masyarakat atas kejadian pencabulan tersebut, Polsek BP Mandoge mengamankan pelaku dan menyerahkannya ke Unit PPA Sat Reskrim Polres Asahan, Rabu (3/2).
“Selanjutnya Tante korban membuat laporan Polisi, sementara Unit PPA melakukan penyelidikan dan penyidikan hingga memenuhi unsur pidana. Kemudian, pelaku langsung ditahan,” terangnya.

Lebih lanjut Kapolres menerangkan, tersangka dijerat dengan pasal 82 ayat (1) Jo pasal 76 E dari UU RI Nom 35 tahun 2014 tentang perubahan atas UU RI No. 23 tahun 2002 tentang perlindungan anak atau pasal 82 ayat (2) Jo pasal 76 E dari UU RI Nom 35 tahun 2014 tentang perubahan atas UU RI No. 23 tahun 2002 tentang perlindungan anak.

“Tersangka terancam hukuman penjara paling singkat lima tahun dan paling lama 15 tahun. Kemudian, dalam tindak pidana dimaksud pada ayat (1) dilakukan oleh orang tua, maka pidananya 1/3 (sepertiga,red) dari ancaman pidana sebagaimana dimaksud pada ayat (1),” terangnya.

Selain kasus ini, Kapolres beserta jajarannya juga membeberkan 2 kasus lainya yaitu asusila terhadap anak di bawah umur yang dilakukan oleh ayah tiri dan kasus asusila anak yang dilakukan oleh oknum guru.(bay/fabe)

USI