News

Audy Murphy Sitorus Resmi Jabat Sekda Tobasa

TOBASA, FaseBerita.ID – Berdasarkan Keputusan Bupati Toba Samosir (Tobasa) Nomor 435 Tahun 2019 tentang Pelantikan Pimpinan Tinggi Pratama Sekretaris Daerah di lingkungan Pemerintahan Daerah Kabupaten Tobasa, Audy Murphy secara resmi dilantik Bupati Toba Samosir Darwin Siagian sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Toba Samosir bertempat di Ruang Balai Data Kantor Bupati Selasa (2/7/2019).

Audy Murphy Sitorus sebelumnya menjabat sebagai Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, kini menjadi Sekda defenitif, yang sebelumnya dijabat Harapan Napitupulu sebagai Plt Sekda selama hampir dua Tahun.

Informasi dihimpun, dengan melalui tahapan-tahapan yaitu pengumuman pendaftaran seleksi, seleksi administrasi, seleksi kompetensi, penulisan makalah, presentase makalah dan wawancara akhir, penetapan hasil akhir, penetapan dan pelantikan dan tentu sudah sesuai dengan aturan perundang-undangan yang berlaku dalam pengangkatan jabatan tinggi Pratama.

Bupati Toba Samosir (Tobasa) Darwin Siagian dalam sambutannya menyampaikan, semua proses tahapan seleksi sampai pelantikan Sekda sudah sesuai dengan UU No 5 Tahun 2014 tentang ASN dan  Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil, dan telah mendapat rekomendasi dari Gubsu dengan surat no 800/17146/BKD/III/2019, Tanggal 14/6/2019 serta rekomendasi KASN nomor B2002/KASN/ VI/2019, Tanggal 21 Juni 2019.

Jabatan Sekda mempunyai peran yang sangat penting karena berkewajiban membantu kepala daerah dalam menyusun kewajiban serta membina hubungan kerja dengan dinas, lembaga teknis, dan unik pelaksana lainnya, sebagai motor penggerak organisasi Pemkab.

“Selain itu, juga harus dapat membaca dinamika yang sedang berkembang dalam masyarakat, terutama untuk mempersiapkan dan mengintegrasikan segala potensi guna mendukung setiap kebijakan yang diberikan kepala daerah, harus mampu menyikapi teritorial dan penyelenggaraan otonomi daerah, serta mampu berkoordinasi dan berkomunikasi secara produktif, kepada seluruh institusi bak internal maupun eksternal,” sebutnya.

Dalam melaksanakan tugas-tugas, Bupati minta kepada Sekda ada 3 hal yang penting diperhatikan, yang pertama tingkatkan disiplin PNS, lakukan upaya untuk menyeimbangkan antara peningkatan kesejahteraan dengan hukuman (reward and punishment) dan daya gunakan semua potensi PNS yang kita miliki dengan prinsip birokrasi yang cepat, tepat akurat namun taat azas.

Yang kedua, bangun hubungan kerja yang baik dengan mitra kerja seperti DPRD dan Forkopimda dalam rangka mengembangkan kebijakan daerah dan kelancaran dalam menghadapi hambatan tugas pembangunan dan pemerintahan. Dan yang ketiga, kembangkan sistem penyusunan anggaran yang berbasis kinerja dan beri kesempatan kepada OPD untuk menyampaikan argumentasi atas semua usulan program secara konfrehensif.

“Terimakasih kepada Bapak Harapan Napitupulu sebagai Plt Sekda yang telah memberikan saran dan sumbangsihnya, selama melaksanakan tugas jabatan Sekda dan turut serta membantu dalam menjalankan roda pemerintahan. Kepada pejabat yang baru dilantik selamat bekerja, hendaknya dapat memfokuskan tenaga perhatian dan pikiran guna mendukung aktifitas pemerintah dalam menjalankan fungsinya baik yang bersifat pelayanan, dan pengaturan pemberdayaan  dan pembaharuan,” ucap Bupati Darwin Siagian.

Dalam acara pelantikan tersebut, turut dihadiri Ketua DPRD Boyke Pasaribu, Kapolres Tobasa AKBP Agus Waluyo, Ketua PN Balige, mewakili Kajari Balige Charles Hutabarat, mewakili Dandim 0210 Danramil Laguboti Lettu Inf A Sidabutar, para wakil Ketua DPRD, para Asisten Setdakab, pimpinan OPD, Ketua TP PKK bersama Sekretaris PKK, Ketua DWP, para Kabag, para Camat dan ASN. (os)