News

Atasi Kemacetan di Ramayana Arus Lalulintas Dialihkan

SIANTAR, FaseBerita.ID – Mengatasi kemacetan di kawasan Ramayana, Satlantas Polres Pematang Siantar bersama Dinas Perhubungan melakukan simulasi pengalihan Lalu lintas yang dimulai pada Rabu (15/5) pagi.

Dari amatan wartawan, kendaraan yang datang dari arah Jalan Asahan menuju arah Tanah Jawa atau ke Jalan Sutomo saat ini harus melewati Jalan Pantoan menuju Jalan Pattimur. Jika sebelumnya, kendaraan yang menuju arah Jalan Sutomo bisa langsung lurus tanpa belok.

Sebelumnya, Jalan Pantoan yang merupakan jalur satu arah ini hanya boleh dilintasi kendaraan yang datang dari arah Jalan Pattimura menuju Jalan Sutomo lalu ke Jalan Asahan.

Namun saat ini sudah dialihkan. Kendaraan yang datang dari arah Jalan Pattimura menuju jalan Asahan tidak boleh lagi melewati jalan Pantoan, melainkan lurus ke Jalan Sutomo.

Menurut pengakuan warga yang sehari-harinya sebagai petugas parkir di kawasan itu mengatakan, setelah dialihkan, kemacetan semakin berkurang. “Saya perhatikan dari kemarin, sudah tidak ada lagi macet seperti sebelum-sebelumnya,” kata seorang warga sekitar.

Humas Polres Pematangsiantar IPTU Resbon Gultom menerangkan adanya pengalihan arus lalu lintas ini berdasarkan rapat bersama Lantas Polres Pematangsiantar dengan Dishub Kota Siantar dan Satpol PP dalam rangka simulasi pengalihan arus pada saat Ops Ketupat.

“Waktunya satu minggu dengan memakai rambu lalu lintas kerucut. Bila simulasi ini berdampak positif dan berhasil, maka akan dibuatkan SK dan memakai tanda dan permanen kotak jalan,” ujar Iptu Resbon Gultom. (mag03/pra)