News

Asset Disewakan Tak Menghasilkan PAD, Ini Kata Ketua Komisi III DPRD Simalungun

SIMALUNGUN, FaseBerita.ID-Terkait asset Pemerintah Kabupaten Simalungun di Jalan Asahan yakni Eks Gedung DPRD dan Eks Kantor Bupati Kabupaten Simalungun yang tidak kunjung dipergunakan oleh pihak penyewa sebagaimana mestinya sehingga tidak kunjung menjadi potensi Pendapatan Asli Daerah (PAD), Ketua Komisi III DPRD Simalungun Erwin Saragih mulai buka suara.

Erwin mengaku dirinya belum mengetahui keseluruhan tentang asset yang dimiliki Pemerintah Kabupaten Simalungun.

“Kami mintakan data asset sampai sekarang belum selesai. Kami sudah koordinasi dengan Ketua Fraksi”, kata Erwin Saragih, saat dikonfirmasi awak media ini, Selasa (27/1) sekira pukul 18.20 WIB, via seluler.

“Untuk hal itu kita setuju, kita setuju dengan masyarakat tentunya kita mengharapkan ada kontribusi dari seluruh perjanjian yang dilakukan oleh Pemkab, ya itulah apa yang dibilang masyarakat ada sumbangan PAD tentu benar. Tetapi kalau menurut kita sebenarnya yang mau kita telusuri lebih dalam dulu, karena ini memang kan terjadi di periode sebelumnya. Tentu disitulah mungkin aku pun kurang tahu kenapa mereka agak tertutup memberikan informasi itu ke kita,” terang politisi Partai Gerindra.

Ketika dipertanyakan berapa nilai sewa dan siapa penyewa kedua gedung asset milik Pemerintah Kabupaten Simalungun itu, dirinya tidak mengetahui secara pasti siapa penyewanya karena mitra kerjanya sampai saat ini belum ada memberikan keterangan resmi terkait itu. Bahkan dirinya mengetahui siapa penyewa itu dari informasi masyarakat yang menyebutkan salah satunya yang menyewa S untuk Eks Gedung DPRD Simalungun.

“Itu pun belum tahu aku. Kalau langsung dari pihak Pemkab aku belum tahu. Tapi kau dengar-dengar informasi katanya pihak S. Kita soroti bahwasanya asset-aseet itu diregistrasi ulanglah, kemarin sudah kita usulkan. Soalnya sudah banyak Pemkab lain sudah membuat inventarisir elektronik itu,” pungkasnya.

Sementara itu, Pangulu Pamatang Simalungun Mangihut Manik SH saat dikonfirmasi mengatakan bahwa pihaknya sangat berharap besar agar asset Pemkab Simalungun tersebut dapat dikelola oleh Pemerintah Nagori Pamatang Simalungun supaya dipergunakan oleh warganya dalam meningkatkan ekonomi dan menambah PAD Nagori dan PAD Pemkab Simalungun.

Saat dipertanyakan siapa penyewa kedua asset Pemkab Simalungun itu, jawabannya masih sama seperti yang disampaikan oleh Ketua Komisi III DPRD Simalungun, dirinya pun masih mendengar dan mendapatkan informasi bahwa Eks Gedung DPRD penyewanya adalah S dan Eks Gedung Bupati penyewanya adalah S.(adi/fabe)