News

ASN Dilaporkan ke Bawaslu

FaseBerita.ID – Organisasi Gabungan Lintas Partai Tapanuli Tengah melaporkan para Aparatur Sipil Negara (ASN) setempat ke Bawaslu RI. Para ASN itu diduga terlibat kecurangan secara masif dan terstruktur dalam Pemilu 2019.

“Kita dari lintas partai, saya mewakili Partai Perindo, yang kita bawakan hari ini adalah terkait pelanggaran pemilu di Kabupaten Tapanuli Tengah, yang dilakukan oleh ASN di kecamatan maupun di instansi lainnya. Kita duga ini kecurangan masif dan terstruktur,” ujar salah satu perwakilan organisasi dari Partai Perindo, Aditya Permadi, di Kantor Bawaslu RI, Jl Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (25/4).

Para ASN itu diduga mencampuri urusan politik dengan menggiring masyarakat Tapanuli Tengah untuk memilih caleg dari partai tertentu.

Bahkan menurut Aditya, para ASN bekerja sama dengan para KPPS setempat untuk mencoblos surat suara tersisa untuk salah satu partai.

Ketua Harian DPD Partai Golkar Kab Tapanuli Tengah, Buyung Sitompul menambahkan kecurangan ini disinyalir adanya campur tangan orang berpengaruh di sana yang juga merupakan kader salah satu partai.

“Logikanya seorang pegawai negeri tidak akan mau ikut membantu, artinya kalau sudah mau begitu kan ada yang mengendalikan,” katanya.

Buyung juga menyebutkan hasil perhitungan sementara, partai yang dimaksud kini unggul di daerahnya. Salah satu caleg DPR RI dari partai itu disebut mendapat 119.000 suara dari total pemilih di Tapanuli Tengah sebanyak 140.000.

Dalam laporan ini mereka membawa surat keterangan tertulis dari gabungan beberapa partai dan rekaman suara yang menunjukkan adanya intervensi oleh para ASN di wilayah Tapanuli Tengah. (dc/int)

USI