News

April-Mei 2021 Rekrutmen CPNS Dibuka

FaseBerita.ID – Pemerintah akan membuka rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2021. Selain CPNS, pemerintah juga akan melakukan seleksi untuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Pemerintah sendiri telah menentukan kebutuhan Aparatur Sipil Negara (ASN) 2021, yakni totalnya sebesar 1,3 juta. 1 juta disiapkan untuk 1 juta guru PPPK dan sisanya adalah PPPK dengan formasi lain serta CPNS.

“Pemerintah sudah menentukan kebutuhan ASN secara total tahun 2021, jika tidak ada kebijakan lain yang bersifat darurat sejumlah sekitar 1,3 juta orang,” kata Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo.

Kemudian, Kepala BKN Bima Haria Wibisana menuturkan, dalam menyikapi masa pandemi yang masih bergulir,BKN masih tetap menyediakan sistem CAT (Computer Assisted Test) berbasis online secara keseluruhan yang diikuti dengan penggunaan video conference sebagai sarana dalam pengawasan.

Begitu juga dengan penerapan protokol kesehatan, Bima menyebutkan BKN akan melibatkan sejumlah pihak untuk menghindari adanya kerumunan di lokasi ujian nantinya. Termasuk pelaksanaan seleksi di titik lokasi luar negeri.

Dari aspek persiapan penyusunan soal ujian, Bima meminta agar penyusunan soaI-soal ujian khususnya soal SKB (seleksi kompetensi bidang) segera dimutakhirkan oleh masing-masing Instansi Pembina Jabatan Fungsional sesuai dengan kewenangannya, termasuk soal ujian untuk calon PPPK dengan menerapkan tingkat kesulitan soal sesuai standar pada level jabatan maupun antar wilayah.

Sementara untuk penyusunan soal SKD (seleksi kompetensi dasar), Bima menyebutkan saat ini sedang difinalisasi oleh Konsorsium Perguruan Tinggi. Adapun untuk pelaksanaan seleksinya, Bima mengatakan sistem CAT BKN akan memfasilitasi SKD dan SKB bagi CPNS, Sekolah Kedinasan, dan PPPK non-Guru. “Sedangkan untuk 1 juta guru PPPK akan difasilitasi dengan UNBK Kemendikbud,” terang dia.

Terakhir Bima menguraikan gambaran rencana pelaksanaan seleksi ASN 2021, di antaranya pendaftaran seleksi Sekolah Kedinasan 2021 diperkirakan akan dimulai April 2021. “Seleksi PPPK Guru dengan formasi 1 Juta Guru diperkirakan akan dilaksanakan pada Mei 2021 dan seleksi CPNS 2021 dan PPPK (non-guru) diperkirakan dilaksanakan pada Mei 2021,” tandasnya.

Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik KemenPAN-RB Andi Rahadian mengatakan, bersama kementerian/lembaga terkait sedang dalam tahapan validasi proses penerimaan CPNS/PPPK kementerian pusat atau daerah tahun 2021. “Untuk informasi lebih lanjut akan disampaikan pada Maret 2021,” jelasnya. (jp/int)