News

APBD Sibolga Disahkan Sebesar Rp575 M: Defisit Rp1,4 M

SIBOLGA, FaseBerita.ID – Setelah melalui pembahasan yang panjang dan alot, DPRD Sibolga akhirnya menerima Ranperda APBD 2020 secara bulat dari 4 fraksi yang ada di DPRD Sibolga untuk ditetapkan menjadi APBD Sibolga tahun 2020 sebesar Rp575 miliar lebih. Sedangkan belanja sebesar Rp577 miliar lebih, sehingga terjadi defisit sebesar Rp1,4 miliar.

Rapat Paripurna DPRD Sibolga dengan agenda mendengarkan pendapat akhir Fraksi atas Ranperda APBD 2020 dipimpin Ketua DPRD Sibolga Toni AL Tobing, didampingi Wakil Ketua Jamil Zeb Tumori dengan dihadiri 18 dari 19 anggota DPRD Sibolga. Juga  dihadiri Walikota Sibolga, Wakil Walikota Sibolga, Sekda, para pimpinan OPD, Forkopimda Sibolga, instansi terkait serta undangan lainnya.

Menghimpun keseluruhan pendapat akhir Fraksi di DPRD Sibolga, yakni dari Fraksi Demokrat dibacakan oleh Jimmi Huta julu, Fraksi Garuda Bersatu disampaikan Syarifuddin Lubis alias Lian, Fraksi Gabungan Bersatu disampaikan Manahan Dalimunthe dan Fraksi Golkar disampaikan Syuryanti Sidabutar dengan memberikan beberapa catatan untuk dapat dilaksanakan dengan baik. Dari seluruh pendapat akhir Fraksi sepakat menerima Ranperda APBD Kota Sibolga untuk ditetapkan menjadi Peraturan Daerah Kota Sibolga.

Atas kesepakatan seluruh Fraksi tersebut, Ketua DPRD Sibolga Tony Agustinus Lumbantobing SE, langsung mengetok palu sebagai tanda pengesahan DPRD Kota Sibolga menyetujui Ranperda ABPD TA 2020 menjadi Perda Kota Sibolga Tahun 2019.

Walikota Sibolga Drs Syarfi Hutauruk saat menyampaikan sambutannya, usai penetapan Ranperda APBD 2020 menjadi APBD 2020 menyampaikan bahwa transparansi dan akuntabilitas menjadi dasar pemberian opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI.

“Harapan kami opini ini, tetap dipertahankan di tahun mendatang, sehingga Kota Sibolga dapat menerima insentif dari Kementerian Keuangan Republik Indonesia, yang tentunya sangat berguna pembangunan di Kota Sibolga,” ungkap Walikota dalam sambutannya.

Walikota Sibolga juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada DPRD Sibolga, yang telah bersinergi melakukan pembahasan yang mendalam. Sehingga diperoleh suatu kesepakatan, serta dapat dilakukan penetapan Perda APBD Kota Sibolga Tahun 2019.

Walikota kembali mengumumkan, bahwa DPRD bersama Pemko Sibolga telah menganggarkan pada APBD 2020, beasiswa kepada anak-anak kurang mampu yang berprestasi, untuk bersekolah hingga jenjang S3. Hal ini bertujuan untuk memutus rantai kemiskinan di Kota Sibolga melalui pendidikan.

Pada kesempatan ini, Walikota juga mengucapkan terima kasih kepada anggota DPRD yang memasuki masa purna bhakti.

“Terima kasih atas bhakti dan kerjasama saudara semasa menjadi anggota DPRD Sibolga periode 2014-2019. Saran dan kritikan yang saudara berikan sebagai masukan semasa menjabat, sangat membantu dalam pembangunan kota Sibolga ini. Ke depan kami masih tetap membutuhkan saran dan masukan dari saudara, meski bukan melalui lembaga DPRD dan persahabatan kita selama ini mari tetap kita pertahankan”, ujar Walikota. (mis/osi)