News

Angka ODP di Kabupaten Humbang Hasundutan Menurun

FaseBerita.ID – Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) mengungkapkan, jumlah Orang dalam pantauan (ODP) di Kabupaten Humbahas setiap harinya mengalami penurunan.

Disebutkan Hotman Hutasoit, untuk data pada 12 April 2020, terdapat sebanyak 8 ODP yang sebelumnya sebanyak 9 orang. Lima orang berada di Kecamatan Dolok Sanggul yang sebelumnya 6 orang, 1 orang di Kecamatan Onan Ganjang, 1 orang di Kecamatan Paranginan dan 1 orang di Kecamatan Parlilitan. Sedangkan, status pasien dalam pengawasan (PDP) hingga saat ini tidak ditemukan.

Lebih lanjut dikatakan Hotman, dibandingkan dengan data per 11 Maret, mencapai diangka 9 yang sebelumnya diangka 10. Angka di per 11 Maret, tidak jauh tipis juga pada 10 Maret. “Pada 10 Maret ada sebanyak 10 ODP yang sebelumnya 12 orang,” ungkapnya.

Hotman menjelaskan, penurunan angka ODP tersebut setelah dilakukan pemantauan selama 14 hari dengan tidak menunjukkan adanya gejala, flu, batuk dan nyeri. “Jika tidak ada gejala tentu tidak dicatat lagi sebagai ODP,” tegas Hotman.

Menurut Hotman, adanya penurunan angka tersebut tidak terlepas dari kerja keras pemerintah Humbahas yang selalu mengedukasi masyarakat agar tidak terpapar Covid 19.

Kendati demikian, pemerintah berharap agar masyarakat Humbang Hasundutan tetap mengikuti anjuran pemerintah. “Selalu memakai masker, jaga jarak, hidup yang sehat dan jangan lupa untuk mencuci tangan,” imbau Hotman. (des/han/smg)