News

Angin Kencang Rusak Rumah Warga, Bupati Tapteng Perintahkan Salurkan Bantuan

TAPTENG, FaseBerita.ID– Cuaca buruk berupa hujan dan angin kencang seminggu terakhir melanda Tapanuli Tengah (Tapteng) dan sekitarnya. Dari data yang diperoleh, beberapa rumah di Tapteng rusak akibat angin kencang.

Diantaranya di Kecamatan Pandan, Andam Dewi, Barus Utara dan Sorkam Barat.

Bupati Tapanuli Tengah Bakhtiar Ahmad Sibarani kemudian menanggapi kejadian tersebut dengan memerintahkan Dinas Sosial untuk menyalurkan bantuan awal kepada para korban.

Di Kecamatan Pandan, ada 6 keluarga yang menerima bantuan, 3 keluarga di Desa Sitio-tio, 1 keluarga di Kelurahan Muara Nibung dan 2 keluarga di Kelurahan Hajoran. Kemudian, di Kecamatan Barus Utara ada 4 keluarga yang menjadi korban keganasan angin puting beliung. 1 keluarga di Desa Ujung Batu, 3 keluarga di Kelurahan Padang Masiang.

Sementara  di Kecamatan Sorkam Barat, ada 6 keluarga yang rumahnya rusak parah. Ke-6 keluarga tersebut berada di Kelurahan Binasi.

“Dalam beberapa hari ini, banyak rumah masyarakat yang rusak akibat bencana angin kencang dan badai. Bapak Bupati telah memerintahkan kami untuk segera memberikan bantuan awal kepada masyarakat terdampak bencana tersebut dan melakukan koordinasi dengan camat dan instansi terkait dalam rangka menginventarisasi dan mengantisipasi dampak cuaca dalam beberapa hari ini,” kata Plt Kadis Sosial Tapteng, Boy Rahman Hasibuan dalam keterangannya, Sabtu (3/4).

Adapun bantuan awal yang diberikan berupa beras, mie instan, telur, velbet dan kids ware.

Dijelaskan Boy Rahman, angin kencang yang melanda Tapteng mengakibatkan pohon tumbang dan menimpa rumah warga.

“Di Kecamatan Andam Dewi, Barus Utara, dan Barus juga angin kencang mengakibatkan rumah rusak tertimpa pohon. Di Kecamatan Sorkam Barat, Kelurahan Binasi juga ada rumah yang ditimpa pohon kelapa dan ada juga yang atap rumahnya beterbangan,” ungkapnya.

Dari data Dinas Sosial, tidak ditemukan adanya korban jiwa dalam bencana alam tersebut.

“Tidak ada korban jiwa akibat bencana alam tersebut. Saat ini jajaran Dinsos juga masih koordinasi di lapangan. Karena masih ada rumah warga di beberapa kecamatan terdampak bencana alam tersebut,” pungkas Boy Rahman.

Turut hadir pada pemberian bantuan tersebut, Kabid Linjamsos Dinsos Tapteng Linda Suriani Siahaan, Kasi Jaminan Sosial Korban Bencana Alam Frenny Pukka B Panggabean.

Kemudian, yang mewakili camat dan para Kepala Desa dan Lurah di masing-masing lokasi bencana alam, serta Petugas Tagana Tapteng. (ts/fabe)