News

Anggota DPR-RI Lamhot Sinaga Ajak Warga Humbahas Jaga Persatuan dan Kesatuan

Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan

HUMBAHAS, FaseBerita.ID –  Lamhot Sinaga, anggota MPR RI Fraksi Partai Golongan Karya (Golkar) menggelar kegiatan Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan di Kecamatan Dolok Sanggul. Kegiatan bertujuan untuk memasyarakatkan kembali empat Pilar Kebangsaan yang sudah semakin memudar.

Kegiatan dipusatkan  di Rumah Aspirasi Lamhot Sinaga (Relasi), Desa Pasaribu, Kecamatan Dolok Sanggul, Humbang Hasundutan I(Humbahas), Sabtu (20/2) dengan peserta terbatas, yakni pengurus dari sepuluh kecamatan, fungsionaris DPD TK II Golkar Humbahas  serta DPD TK I Sumut. Kegiatan berlangsung dengan mengikuti protokol kesehatan pencegahan penyebaran covid 19.

Lamhot menjelaskan, sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan merupakan program MPR yang diagendakan di daerah pemilihan masing-masing . “ Hal ini bertujuan untuk memasyarakatkan kembali 4 Pilar Kebangsaan yang sudah mulai terlupakan,”  ujar Lamhot.

“Sebagai warga negara, kita wajib taat dan mengerti dasar-dasar negara yaitu 4 pilar kebangsaan. Secara konstitusional ini tugas kami sebagai anggota MPR RI untuk menyampaikan kepada masyarakat,” imbuhnya.

4 Pilar Kebangsaan adalah Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara, UUD NKRI tahun 1945 sebagai konstitusi negara serta Ketetapan MPR, NKRI sebagai bentuk negara, Bhineka Tunggal Ika sebagai semboyan negara.

“Implementasi 4 Pilar Kebangsaan ini adalah kecintaan bernegara. Kemudian, masyarakat dengan pemerintah dapat bersinergi dalam pembangunan guna memajukan Humbahas,” terangnya.

Pada kesempatan yang sama, Lamhot mengajak agar momentum Pemilukada Humbahas yang sudah berlalu dengan perbedaan pilihan, dihilangkan. Dalam situasi Pandemi Covid-19 , dia menekankan agar menjaga Persatuan dan Kesatuan terutama yang ada di Kabupaten Humbahas dan Sumatera Utara.

“Saya berharap masyarakat supaya bersatu. Hilangkan perbedaan di masa Pilkada. Mari bersatu kembali  membangun Humbahas. Kemudian, masyarakat harus tetap semangat meskipun di masa pandemi covid-19 yang mempengaruhi tatanan ekonomi, sosial dan kesehatan masyarakat,” ujar Lamhot.

Terkait kehadiran Food Estate di Humbajas, Lamhot juga berharap hubungan UU Cipta Kerja dengan kehadiran Food Estate di Humbahas akan menjadi solusi mengurangi pengangguran.

“Undang-undang Cipta Kerja adalah nafas tenaga kerja. Dengan food estate sudah banyak investasi di Humbahas. Food estate belum dirasakan karena masih dalam proses pembangunan sarana prasarana. Ini akan dirasakan anak cucu kita,” kata Lamhot menjawab pertanyaan salah satu peserta dalam sesi tanya jawab.

Ditambahkan, munculnya komoditi unggulan baru di Humbahas mendorong masyarakat bergerak menjadi pengusaha agrobisnis.

“Saya mengajak anak rantau dan masyarakat memanfaatkan food estate menjadi pengusaha di sektor pertanian untuk bawang, kentang dan kemenyan. Mari kita mulai sekarang dan akan dirasakan di kemudian hari,” ajaknya.

Rangkaian sosialisasi 4 pilar kebangsaan ini akan digelar di Dapil Sumut-II di 19 kabupaten kota.

Sebelumnya, sosialisasi 4 pilar kebangsaan sudah dilaksanakan di Desa Huta Nagodang, Kecamatan Purbatua, Kabupaten Tapanuli Utara, Senin,(8/2).

“Kegiatan sosialisasi pilar di Desa paling ujung Kabupaten Taput itu disambut baik dan cukup menarik. Masyarakat berkomitmen akan tetap menjaga persatuan dan kesatuan, ” ujar Lambas Hutasoit, Staf Ahli Anggota DPR RI. (Sht/fabe)

USI