News

Anggaran Pilkada 2020 KPU Sibolga Usulkan Rp14 Miliar

FaseBerita.ID, SIBOLGA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Daerah Kota Sibolga telah menyerahkan usulan anggaran pelaksanaan PIlkada Serentak 2020 untuk Kota Sibolga Sebesar Rp14 miliar. Angka ini naik sebesar Rp4 miliar dibanding pada Pilkada 2015 lalu.

“Sudah Kita serahkan ke Pemerintah Kota Sibolga draf rancangan anggaran tersebut,” jelas Anggota KPU Sibolga yang membidangi Divisi Hukum dan Pengawasan, Asa Dame Simanjuntak, Senin (15/7/2019) melalui telepon selulernya.

Namun menurut dia, belum tentu besaran anggaran tersebut dapat terealisasi, karena oleh Pemko tentunya masih ada perbaikan-perbaikan.

Sementara itu, Komisioner KPU Sibolga Salmon Tambunan kepada wartawan juga menyampaikan bahwa draf rancangan anggaran itu sudah diserahkan kepada Pemerintah Kota (Pemko) Sibolga.

Dan menurutnya, draf anggaran itu nantinya kemungkinan masih mendapat perbaikan-perbaikan sebelum disahkan.

“KPU Sibolga sudah mengusulkan anggaran sebesar Rp14 miliar. Draf anggaran tersebut tentu masih ada kemungkinan perbaikan,” kata Salmon Tambunan yang membidangi Divisi Teknis Penyelenggaraan.

Terkait pengusulan itu, KPU berharap agar Pemko Sibolga dapat menyetujui usulan tersebut supaya tidak ada kendala pada pelaksanaan Pilkada Sibolga 2020 nanti.

“Mudah-mudahan Pemko Sibolga dapat menyetujui usulan kita ini. Dan harapan kita Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) sudah dapat ditandatangani pada Oktober tahun ini,” imbuhnya.

Sambungnya lagi, dalam waktu dekat KPU Sibolga akan melakukan audensi dengan Pemko agar usulan aggaran Pilkada itu dapat terealisasi. “Sebenarnya rencana audensi ke Walikota Sibolga sudah lama kita rencanakan. Tapi karena ada kesibukan masing-masing, sehingga rencana audensi kembali kita lakukan dalam waktu dekat,” ungkapnya.

Ditanya terkait naiknya anggaran Pilkada 2020, menurut Salmon, hal itu dikarenakan adanya peningkatan harga kebutuhan dibanding pada Pilkada lalu. “Kita tidak bisa samakan lagi harga pengadaan kertas suara 5 tahun lalu dengan saat ini. Ada peningkatan harga sekitar 20 persen. Itulah dasarnya, sehingga kita mengestimasi ada peningkatan anggaran dari Pilkada sebelumnya,” bebernya.

Sambungnya lagi, usulan anggaran sebesar Rp14 miliar tersebut sudah diestimasi untuk 6 pasangan calon yang akan maju di Pilkada Sibolga.

“Kalau dilihat dari perolehan kursi pada Pileg kemarin, dimungkinkan ada 4 paslon yang bisa diusung. Sementara dari calon perseorangan bisa 2 paslon. Jadi diasumsikan 6 paslon. Anggaran ini sudah kita estimasikan untuk 6 paslon,” pungkasnya.

Seperti diketahui, pada Pilpres dan Pileg bulan April 2019 lalu, Daftar Pemilih Tetap (DPT) Kota Sibolga tercatat sebanyak 64.698 pemilih yang tersebar di 4 kecamatan. (mis)

iklan usi