News

Anggaran HUT RI di Simalungun Rp1,2 Miliar

SIMALUNGUN, FaseBerita.ID – Penambahan anggaran belanja Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 Kemerdekaan RI sebesar Rp1,258 miliar dinilai hanya menghambur-hamburkan uang.

Demikian diutarakan anggota Badan Anggaran DPRD Simalungun Bernhard Damanik saat dikonfirmasi awak media ini melalui selulernya, Minggu (21/7/2019).

Dimana sebelum perubahan, Pemkab Simalungun melalui Sekretariat Daerah menganggarkan sebesar Rp119 juta. Namun setelah perubahan menjadi Rp1,387 miliar. Artinya ada penambahan sebesar Rp1,258 miliar.

“Kita juga dalam pandangan fraksi mempertanyakan bentuk kegiatan yang dilakukan dan apa urgencynya. Kita minta itu supaya dirasionalisasi dilakukan penghematan,” ujar Ketua Fraksi Nasdem itu.

Pihaknya akan mempertanyakan kembali dalam rapat badan anggaran terkait penambahan anggaran sangat fantastis.

“Karena kewajiban kita memang untuk melakukan upacara HUT RI, merayakan Kemerdekaan Indonesia. Akan tetapi perayaan itu kan bukan untuk menghambur-hamburkan uang. Tetapi upacara bendera untuk menghormati jasa-jasa Pahlawan,” terangnya.

Bernhard, menuturkan walaupun ada kegiatan-kegiatan yang dilakukan pemerintah daerah, dia berharap menganut kepada efesiensi karena perubahan itu sangat signifikan.

“Karena diawal hanya Rp119 juta. Terus menjadi Rp1,258 miliar perubahan. Ini sangat signifikan. Untuk itu kita minta Sekretariat Daerah agar dilakukan rasionalisasi nantinya,” sebutnya.

Hal yang sama juga mengenai anggaran Perayaan Natal bersama 2019 ini dimana sebelumnya Rp525 juta setelah perubahan menjadi Rp1.434,5 miliar. Artinya ada penambahan sebesar Rp1,372 miliar.

Penambahan anggaran tersebut, menurutnya sangat signifikan dan dinilai menghambur-hamburkan uang. “Jangan melakukan penghambur-hamburan uang,” pungkasnya. (Mag05/des)