News

Aksi Maling Lampion Terekam CCTV

FaseBerita.ID – Aksi pencurian lampu lampion milik Yayasan Perguruan (YP) Sultan Agung Kota Pematangsiantar terekam kamera pengintai CCTV. Dalam rekaman, lampu hias yang biasa dipasang untuk memeriahkan hari besar keagamaan tersebut dicuri oleh pria mengenakan topi.

Humas YP Sultan Agung Poling Ardi kepada wartawan media ini mengatakan bahwa pencurian terjadi tak lama setelah petugas keamanan sekolah yang berada di Jalan Surabaya, Kelurahan Dwikora, Siantar Barat, itu melakukan patroli.

“Peristiwanya terjadi pada Kamis (30/4) lalu sekira pukul 23.30 WIB. Saat itu Satpam kita baru saja melakukan patroli. Seperti biasa, setelah melakukan patroli malam, petugas menutup gerbang dan masuk ke komplek perguruan serta berjaga di dalam sekolah,” kata Poling.

Disebutkan, posisi lampion bernilai jutaan rupiah yang dicuri itu berada di depan gerbang II perguruan yang condong ke arah Jalan Merdeka. “Seperti yang kita lihat dari rekaman CCTV, jelas sekali pelakunya dua orang yang berboncengan dengan sepedamotor. Kedua orang itu mengenakan topi dan berjaket.”

Dia menambahkan, aksi maling itu sudah dilaporkan pihaknya ke Polsek Siantar Barat untuk diselidiki. “Ini bukan soal nilai dan harga lampion itu, tetapi kita tidak boleh membenarkan adanya aksi kejahatan, apalagi terjadi di lingkungan kita sendiri,” tegasnya.

Amatan wartawan media ini dari rekaman CCTV itu, tampak dua pria berboncengan mengendarai sepedamotor awalnya memantau kondisi di sekeliling YP Sultan Agung. Tak lama kemudian, sepedamotor berhenti tak jauh dari gerbang II dan pengendaranya turun menuju lampion yang sedang menyala. Sementara pria lain yang sebelumnya duduk di boncengan terlihat memantau situasi sekeliling gerbang.

Tak lama berselang, pengendara sepedamotor yang berada di gerbang menggunting kabel lampu hingga padam dan menarik tiang penyangga lampion sampai tumbang. Setelah itu pria mengenakan jaket tersebut memereteli kabel dan membawa tiga buah lampion dengan sepedamotornya. (rel/hez)