News

Aksi Forum Senior GMKI Siantar-Simalungun untuk Warga Kurang Mampu

SIMALUNGUN, FaseBerita.ID – Forum Senior Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) Siantar-Simalungun membagikan ratusan paket sembako dan masker kepada masyarakat yang terdampak Covid-19, Sabtu (2/5/2020) sekira pukul 10.00 WIB.

Paket sembako berupa beras 10 kg, gula, ikan, cabe, minyak, deterjen dan sabun serta masker langsung diantar ke rumah-rumah warga Kota Siantar dan warga Kabupaten Simalungun yang layak menerima.

Ketua Forum Senior GMKI Siantar-Simalungun, Hamonangan Aruan saat diwawancarai menerangkan awalnya berencana ingin mengadakan kegiatan paskah raya se-Nasional dengan mendatangkan 2.000 orang,

Akan tetapi, lanjut Hamonangan Aruan, karena pandemi virus corona kegiatan Paskah raya Nasional ditunda dan digagasi dengan senior GMKI lainnya untuk mengadakan kegiatan peduli kasih.

“Mudah-mudahan lewat aksi sosial, peduli kasih ini, nama Tuhan Yesus yang empunya gerakan ini semakin dipermuliakan dan masyarakat Siantar-Simalungun dapat merasakan bantuan sembako tersebut,”ujarnya.

Hamonangan Aruan mengatakan bahwa data penerima bantuan sembako sudah didata terlebih dahulu terhadap masyarakat terdampak Covid-19 yang paling layak menerima bantuan.

“Data yang masuk sama kita ada seratus lebih  nama tapi kita betul-betul menganalisis dan kita verifikasi lagi supaya tepat sasaran, tadi saya lihat langsung kelapangan memang orang-orang yang layak menerima bantuan itu,”sebutnya.

“Kita berharap, mudah-mudahan lewat aksi sosial kita ini masalah masyarakat yang memang butuh secara ekonomi dia susah dapat teratasi walaupun sedikit bantuan kita, tapi tersentuh bagi keluarga-keluarga terdampak pandemi Covid-19,”pungkasnya.

Sementara Bendahara Forum Senior GMKI Siantar-Simalungun, Mastiara Sihotang menerangkan bahwa anggaran kegiatan aksi sosial tersebut berasal dari donasi senior-senior GMKI.

“Dana untuk aksi sosial ini berasal dari donasi Senior-senior GMKI yang tersebar di Kota Siantar, Simalungun, Jakarta, Kalimantan, Medan, Jerman dan Simpatisan GMKI, dianggarkan sebesar Rp 42 Juta. Kegiatan hari ini biaya Rp 20 juta dan tahap 2 Rp 22 juta, rencana di bulan Juni,”bebernya.

Wakil Ketua Forum Senior GMKI Siantar-Simalungun, Lundu Tamba menambahkan bahwa ratusan masker juga baru saja dibagikan khusus kepada para penumpang dan Supir angkot di Pasar Parluasan.

“Kita sudah membagi-bagikan ratusan masker di Pasar Parluasan Kota Siantar, tapi kita memang khususkan masker untuk para penumpang dan sopir angkot agar pesan moralnya adalah meningkatkan kewaspadaan agar dapat memutus mata rantai penyebaran pandemi Covid-19,”ucapnya.

Lundu Tamba menyampaikan bahwa Minggu depan Forum Senior GMKI Siantar-Simalungun akan membagikan 1.000 masker khusus untuk penumpang dan para Supir yang ada di sekitaran Pasar Horas.

“1000 masker sudah dipesan, minggu depan akan kita bagikan khusus kepada penumpang dan para Supir angkotan umum yang ada di sekitaran Pasar Horas,”tuturnya.

Senior GMKI Siantar-Simalungun, Irbawati Saragih, mengatakan jika diijinkan Tuhan aksi kedua akan dilaksanakan di bulan 6, karena dimungkinkan kondisi akan semakin parah, tapi kita jangan kwatir karena kita tetap berjuang untuk hidup.

“Bagi yang pas orangnya mendapat bantuan paket sembako dan masker tersebut, bagaikan yang mendapat emas, berbahagialah kita diijinkan Tuhan sebagai pelaku kasih. Percayalah Tuhan tau apa yang kita perbuat dan berkat pasti diberikan kepada kita,”singkatnya.

Diketahui kegiatan tersebut didukung oleh Senior GMKI yaitu mantan Ephorus HKBP, Pdt WTP Simarmata, Rumanja Purba, Rekson Silaban, Ketua Forum Senior GMKI Pusat, Pelikson Silitonga dan Senior GMKI lainnya.(mag-05/fi)