News

Akibat Banjir Terjadi Antrean Panjang di GT TebingTinggi, Arus Lalulintas Dialihkan

FaseBerita.ID – PT Jasa Marga Kualanamu Tol (JMKT) memberlakukan pengalihan arus di ruas Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi. Pengalihan arus diberlakukan menyusul terjadinya antrean panjang di Gerbang Tol Tebingtinggi akibat banjir yang melanda kawasan tersebut.

Pengalihan arus diberlakukan mulai Sabtu (28/11/2020) pukul 17.00 WIB. General Manager Teknik dan Operasi PT JMKT Roberto P Tarigan mengatakan pihaknya akan membuka 3 gardu exit dan menambah 2 mobile reader jika ketiga gardu tak cukup menampung arus pengalihan.

“Apabila kemacetan di arteri sudah mencapai exit Gerbang Tol Sei Rampah, maka lalu lintas kendaraan akan dialihkan ke Gerbang Tol Teluk Mengkudu (Km 69). Sampai dengan saat ini situasi lalu lintas di akses keluar Gerbang Tol Sei Rampah lancar,” kata Roberto dalam keterangan tertulis, Minggu (29/11/2020) dini hari.

Roberto mengatakan masih terjadi antrean panjang di GT Tebing Tinggi mulai Km 82 hingga akses keluar tol. Antrean itu disebutnya terjadi sejak pukul 17.00 WIB sore tadi.

Roberto mengimbau pengendara yang melintas di MKTT yang mengarah ke Tebing Tinggi untuk menunda perjalanannya. Hal itu guna mencegah antrean di GT Tebing Tinggi semakin mengular.

“Bagi pengguna jalan yang akan melintas di ruas Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi (MKTT), khususnya yang mengarah ke Kota Tebing Tinggi, agar sebaiknya menunda perjalanan, atau bagi yang sudah memasuki area MKTT untuk memutar di gerbang tol terdekat, untuk mencegah panjang antrean di Gerbang Tol Tebing Tinggi,” ujarnya.

Untuk mengantisipasi gangguan lalu lintas, JMKT menyiapkan sejumlah armada. Kendaraan itu disiagakan di dua titik.

“Mengantisipasi gangguan lalu lintas dan kamtibmas, JMKT menyiagakan armada antara lain 4 unit derek, 2 unit ambulans, 1 unit Water Tank, 1 unit resque, 2 unit PJR, dan 1 unit Katibmas. Armada itu kita siagakan di Simpang Susun Sei Rampah dan Gerbang Tol Tebing Tinggi,” jelasnya.

Seperti apa kemacetan yang terjadi imbas banjir di Tebing Tinggi? Simak di halaman selanjutnya.

Seperti diketahui, banjir menerjang sejumlah kecamatan di Kota Tebing Tinggi, Sumatera Utara (Sumut). Ribuan rumah pun terendam air.

Banjir di Tebing Tinggi menyebabkan Jalan Lintas Sumatera dari Tebing Tinggi menuju Medan macet panjang. Salah satu warga, Fadhil, mengatakan dirinya terjebak macet di Jalan Lintas Sumatera dari Tebing Tinggi menuju Medan, Sabtu (28/11). Kemacetan sudah terjadi mulai Jalan Imam Bonjol, Tebing Tinggi.

Kemacetan juga terjadi di Jalan Lintas Sumatera dari Medan menuju Asahan. Kendaraan menuju Pematangsiantar yang biasanya bisa melewati Kota Tebing Tinggi harus berbelok ke arah Kisaran dan masuk ke Jalan Imam Bonjol lebih dulu sebelum menuju Pematangsiantar.

Kendaraan dialihkan karena banjir terjadi di kawasan Jalan Sudirman, Tebing Tinggi, yang biasanya menjadi Jalur Medan-Pematangsiantar. Petugas memberi tanda jalan di dalam Kota Tebing Tinggi tak bisa dilintasi karena banjir. (detik/fabe)