News

Air Parit Meluap hingga Pemukiman Warga, Tak Ada yang Peduli

FaseBerita.ID – Akibat sampah yang menumpuk di Parit di Jalan Patuan Anggi tepatnya di Lingkungan IV Kelurahan Pancuran Gerobak, Kecamatan Sibolga Kota, air pun meluap hingga ke pemukiman warga.

Genangan air kotor tersebut sangat mengganggu aktifitas warga. Terlebih saat hujan turun.

Menurut warga sekitar, sampah yang menumpuk di parit tersebut merupakan sampah pedagang. Karena lokasi tersebut berada persis di sekitar Pasar Nauli Sibolga.

Sementara, tidak ada petugas kebersihan, baik dari Dinas Perindustrian Perdagangan (Disperindag) yang membawahi KUPT Pasar maupun dari Dinas KPKLH yang rutin membersihkan parit sekitar pasar Nauli.

Warga berharap, dinas terkait tidak saling lempar tanggung jawab terhadap kondisi parit tersebut.

“Saya curiganya, ada yang saling lempar tanggung jawab dengan kebersihan parit di sekitar pasar ini. Karena, sampai aliran air tersumbat dan airnya naik sampai ke jalan pun, gak ada yang peduli untuk membersihkan,” kata Marbun, salah seorang warga sekitar yang kecewa dengan kondisi parit tersebut, Senin (1/2).

Dia juga menyebut, parit di sekitar pasar Nauli sangat jarang dibersihkan. Tidak seperti parit lain yang rutin di keruk setiap tahunnya.

“Sekali setahun belum tentu dikorek. Makanya kami heran, kenapa bisa begini. Padahal, ini lingkungan pasar, banyak sampah. Harusnya, parit disinilah yang lebih diutamakan untuk dibersihkan,” ketusnya.

Harapannya, pemerintah memperhatikan keluhannya mereka. Karena, mereka khawatir dampak dari air parit yang meluap hingga ke pemukiman warga akan membawa penyakit.

“Jangan sampai kami terserang penyakit akibat air kotor ini, baru pemerintah turun tangan,” pungkasnya. (ts/fabe)